IMPLEMENTASI BENTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN PENELITIAN DALAM PROGRAM MBKM DI PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3444Keywords:
Iptek, Penelitian/Riset, MBKM, Eksperimen, Data Kuantitatif.Abstract
Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat beriringan dengan pandemi Covid-19 saat ini, membawa dampak yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan. Berbagai perubahan yang dihadapi mahasiswa selama pandemi Covid-19 meliputi sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus dibiasakan sejak awal untuk menghadapi segala permasalahan di masa yang akan datang. Pandemi Covid-19 menuntut perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk membuat rancangan dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat terbiasa menunjukkan skill dan kreativitasnya dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan relevan dalam substansinya. Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu bentuk pembelajaran mahasiswa dalam peningkatan mutu ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkup perguruan tinggi. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu Program Penelitian/Riset. Program Penelitian/Riset ini bertujuan membantu mahasiswa untuk membangun cara berpikir kritis yang memiliki passion sebagai peneliti untuk lebih mendalami, memahami, dan melakukan metode riset secara lebih baik. Selain itu program penelitian/riset dapat meningkatkan kualitas riset di laboratorium dan lembaga riset Indonesia dengan memberikan sumber daya peneliti dan regenerasi peneliti sejak dini. Metode pelaksanaan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen analisis data kuantitatif dan studi kepustakaan pada Pusat Kajian Transportasi Universitas Widyagama Malang. Luaran yang dihasilkan dari program penelitian/riset berupa jurnal eksperimen analisis data kuantitatif dan studi kepustakaan yang berhubungan dengan riset lapangan dan metode penelitian.References
Kartono Kartini, Pengantar Metodologi Riset Sosial. 1986.
F. Kerlinger, “Kerlinger,†Found. Behav. Res., 1986.
“Leedy, P. D., & Ormrod, J. E. (2015). Practical research. Planning and design (11th ed.). Boston, MA: Pearson.,†J. Appl. Learn. Teach., vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.37074/jalt.2018.1.2.15.
W. . Borg and M. . Gall, “Educational Research an Introduction fourth edition,†Longman Inc, vol. 1, no. 1, 1983.
Nazir, “Metode Studi Pustaka,†widuri.raharja.info, 1988. .
Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas
Widyagama Malang.
Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Kurikulum Pendidikan Tinggi Program Studi
Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang