PENGEMBANGAN WEBSITE COMPANY PROFILE DAN FUNDRISING ZISWAF BAZNAS KOTA DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v6i1.5330Keywords:
BAZNAS kota Depok, Lembaga zakat, Website, ZISWAFAbstract
Lembaga zakat memiliki tiga kegiatan utama, yaitu pengumpulan, manajemen keuangan, dan pemanfaatan. BAZNAS memiliki peran penting dalam menghimpun dan menyalurkan zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF) di masing-masing wilayah, termasuk di Kota Depok. Saat ini, BAZNAS Kota Depok sudah menjalankan beberapa program yang mendukung kegiatan penghimpunan dan pendistribusian ZISWAF. Namun, dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan tenaga, waktu, dan sarana yang dimiliki. STT Terpadu Nurul Fikri sebagai lembaga perguruan tinggi yang memiliki kompetensi di bidang teknologi dapat berperan aktif dalam membantu BAZNAS Kota Depok dalam mengembangkan sistem fundraising yang terintegrasi dan berbasis teknologi. Melalui pembuatan website ZISWAF BAZNAS Kota Depok, diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan membantu mempercepat proses penghimpunan dan penyaluran ZISWAF. Tahapan dalam penelitian ini dimulai dengan menganalisis kebutuhan sistem informasi, Perancangan sistem informasi, Pengembangan sistem informasi, Pelatihan dan Sosialisasi, hingga Pengelolaan dan Pemeliharaan website. Pembuatan website sistem informasi ZISWAF BAZNAS Kota Depok merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan kurangnya sistem yang ada dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan ZISWAF. Adanya website sistem informasi ZISWAF BAZNAS Kota Depok, dapat mempermudah akses informasi bagi para pihak yang membutuhkan.References
BAZNAS Kota Depok, “Sejarah Baznas Kota Depok,†BAZNAS Kota Depok, 2023. https://baznasdepok.id/sejarah-baznas-kota-depok/ (accessed Sep. 11, 2023).
M. K. Anam, “Analisis Manfaat dan Dampak Kegiatan audit Bagi Perkembangan Lembaga Amil Zakat, Studi Kasus LAZISMU Kota Depok,†Emanasi J. Ilmu Keislam. dan Sos., vol. 4, no. 2, pp. 1–8, 2021, [Online]. Available: https://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/view/60%0Ahttps://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/download/60/55.
U. Hasanah, “Sistem Fundraising Zakat Lembaga Pemerintah dan Swasta (Studi Komparatif pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Palu,†Istiqra, vol. 3, no. 2, p. 226, 2016, doi: 10.24239/istq.v3i2.174.226-249.
A. Abidah, “Analisis Strategi Fundraising Terhadap Peningkatan Pengelolaan Zis Pada Lembaga Amil Zakat Kabupaten Ponorogo,†Kodifikasia, vol. 10, no. 1, pp. 1–27, 2016.
M. Soleh, “Zakat Fundraising Strategy: Opportunities and Challenges in Digital Era,†J. Nahdlatul Ulama Stud., vol. 1, no. 1, pp. 1–16, 2019, doi: 10.35672/jnus.v1i1.1-16.
A. Nugroho, A. Ahmad, and W. Wijoyo, “ANALISIS STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MUZAKKI Studi pada LAZ BaitulMaalKu Kabupaten Karawang,†J. Ekon. Syariah Pelita Bangsa, vol. 6, no. 01, pp. 77–85, 2021, doi: 10.37366/jespb.v6i01.179.
N. I. Yulianti and J. WAKAF, Strategi Fundraising Zakat Infaq Sedekah di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cilacap Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020. 2021.
H. Humaidi, U. Umar, M. R. Abdullah, and K. Khaerunnisa, “Comparative Study of Zakat Funds Collection Through Manual Fundraising and Digital Fundraising in Indonesia,†J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 8, no. 1, p. 347, 2022, doi: 10.29040/jiei.v8i1.4601.
M. Doddy, J. Ali, A. Hindardjo, and A. Sani, “Boost Zakat Fundraising Through E-Customer Relationship Management in Digital Era,†Tech. Bus. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 61–70, 2022, doi: 10.47577/business.v2i2.6762.
T. W. Putra, “Fundraising Strategies In The National Board Of Zakat (BAZNAS) Tana Toraja Regency,†Ziswaf J. Zakat Dan Wakaf, vol. 8, no. 2, p. 168, 2021, doi: 10.21043/ziswaf.v8i2.11786.
S. Irma, I. Nurida, and Ridhwan, “Digital Fundraising Transformation as a Form of Stability Strategy and Effort to Grow Zakat Awareness through the Concept of Zakat Profession,†Int. Conf. Zakat, pp. 335–344, 2021.
M. A. W. Buana, moh. A. S. ZA, and A. Rijal, “Strategic Management of Digital Technology in Increasing Zakat Fundraising,†J. Sharia Econ., vol. 4, no. 1, pp. 18–39, 2022, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.35896/jse.