POTENSI UNGGULAN DESA PETUNGSEWU KECAMATAN WAGIR KABUPATEN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.724Keywords:
Dupa, Petungsewu, mesin pembuat lidiAbstract
Desa Petungsewu Kecamatan Wagir Kabupaten Malang merupakan salah satu desa penghasil Dupa untuk keperluan masyarakat yang beragama Hindu. Permasalahan yang dihadapi masyarakat pengrajin Dupa di Desa Petungsewu salah satunya adalah kendala keterbatasan lidi bambu sebagai bahan baku untuk memproduksi Dupa, bahkan untuk memenuhi kebutuhan lidi bambu, harus didatangkan dari luar Kabupaten Malang. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan tujuan (1) membantu masyarakat pengrajin Dupa untuk bisa meningkatkan produksi lidi bambu sebagai bahan baku dupa, agar biaya produksi bisa lebih efisien; (2) meningkatkan pendapatan masyarakat selain produksi dupa juga memproduksi lidi dupa maupun lidi bambu untuk sate. Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan mitra adalah sebagai berikut (1) Alih Teknologi mesin pembuat lidi bambu; (2) Pelatihan dan pendampingan manajemen produksi dan keuangan; (3) Pelatihan manajemen pemasaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah (1) jumlah produksi lidi untuk dupa meningkat; (2) masyarakat memiliki bisnis tambahan yaitu mampu memproduksi lidi baik untuk memenuhi kebutuhan produksi dupa maupun untuk dijual; (3) pendapatan masyarakat meningkat. Potensi sumberdaya alam di Desa Petungsewu Kecamatan Wagir Kabupaten Malang berupa pohon bambu yang cukup melimpah bisa memiliki nilai tambah bagi masyarakat.References
Baumol, W. J. 1990. Entrepreneurship: Productive, unproductive, and destructive. Journal of Political Economy, Vol. 98, No. 5 Part 1: 893–921
Hadiati, Ernani, 2008. Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Penjualan Usaha Kecil, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 11 No. 2: 183-192.
Sarwoko, E., Surachman, and Armanu, 2012. Entrepreneurial Characteristics and Competency as Determinants of Business Performance in SMEs, IOSR Journal of Business and Management, Vol. 7 Issue 3.
Stokes, David., 2000, Putting Entrepreneurship Into Marketing:The Processes of Entrepreneurial Marketing, Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship: Vol. 2 No. 1: 1-16
http://desa-petungsewu-wagir.malangkab.go.id/read/detail/1271/demografis-desa-petungsewu-wagir.html