PENGARUH CSR DAN PROFITABILITAS PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN PROPERTY/REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2015-2018

dwi fibri damayanti, sodik sodik, muchlis mas'ud

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study to examine and prove empirically the effect of Corporate Social Responsibility and profitability on firm value with firm size as a moderating variable in Property/Real Estate companies. The population in this study was 48 companies that included at Property/Real Estate companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the period of 2015-2018. The sample used by researcher was 32 companies that met the research requirements. After doing multiple regression analysis, the result is obtained Corporate Social Responsibility and profitability simultaneously have an influence on firm value, Corporate Social Responsibility and profitability partially have an influence on firm value, Firm Size as a moderating variable for Corporate Social Responsibility does not have influence and not significant to firm value,  Firm size as a moderating variable for Profitability has influence significantly on firm value.

Keywords: Corporate Social Responsibility, firm size, profitability, company value.

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh dari Corporate Social Responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan firm size sebagai variabel moderasi pada perusahaan Property/Real Estate. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan Property/Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia kurun waktu tahun 2015-2018 sebayak 48 perusahaan. Sampel yang digunakan peneliti sebanyak 32 perusahaan yang memenuhi syarat penelitian. Setelah dilakukan analisis regresi berganda, maka diperoleh hasil bahwa Corporate Social Responsibility dan profitabilitas secara simultan mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan, Corporate Social Responsibility dan profitabilitas secara parsial mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan, Corporate Social Responsibility bila dimoderasi firm size tidak mempunyai pengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, Profitabilitas bila dimoderasi firm size mempunyai pengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, firm size, profitabilitas, nilai perusahaan.


 

 

 

 

Keywords

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, firm size, profitabilitas, nilai perusahaan.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF view : 1 times

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Abhimantra, Wayan Purwa dan I Ketut Suryanawa. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. ISSN: 2302- 8559. Vol. 14, No. 3: 1782-1809.

Agnes Sawir. 2004. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Aguinis, H., & Ante Glavas. (2012). What We Know and Don’t Know About Corporate Social Responsibility: A Review and Research Agenda. Journal of Management, 932-968

Agustina, Silvia. 2013. Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang

Agus, R. Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE

Andini NWL, Wirawati NGP. 2014. Pengaruh cash flow pada kinerja keuangan dan implikasinya pada nilai perusahaan manufaktur. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 7(1): 107-121.

Andri Rachmawati dan Hanung Triatmoko. 2007. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan”. Simposium NasionalAkuntansi X Makassar, 26-28 Juli.

Ayu Sri dan Ary Wirajaya. 2013. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi UniversitasUdayana. ISSN: 2302-8556

Ayem, Sri dan Nikmah. 2019. Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengna ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara Vol. 1 No 2 Mei-Agustus 2019

Becchetti, L., Ciciretti, R., & Hasan, I. 2007. Corporate Social Responsibility and Shareholder’s Value: An Event Study Analysis. Working Paper. Series Federal Reserve Bank of Atlanta.

Beekum, Rafik Issa. Etika Bisnis Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2004

Brigham, Eugene F dan Joel F. Houston. 2011. Dasar – Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Erlangga. Jakarta.

Cecilia, Elsa Indah. 2010. Analisis Kinerja Perusahaan Terhadap Harga Saham sebelum dan Sesudah Melakukan Merger pada PT. Kalbe Farma. Jurnal Ekonomi, Juni 2010.

Cheryta, Aldea Mita, Moeljadi dan Nur Khusniyah Indrawati. (2017). The Effect of Leverage, Profitability, Information Asymmetry, Firm Size on Cash Holding and Firm Value of Manufacturing Firms Listed at Indonesian Stock Exchange. International Journal Of Research in Business Studies and Management, 4(4)

Cowen, S.S., Ferreri, L.B., dan L.D. Parker. 1987. “The Impact Of Corporate Characteristics On Social Responsibility Disclosure: A Typology And Frequency-Based Analysis.” Accounting, Organisations and Society. Vol. 12 No. 2, pp. 111-122.

Cox, P., Brammer, S., & Millington, A. (2004). An Empirical Examination of Institutional Investor Preferences for Corporate Social Performance. Journal of Business Ethics, 52, 27–43.

Fahmi, Irham 2012.Analisis Kinerja Keuangan. Panduan bagi akademisi,Manajer dan investor untuk menilai dan menganalisis bisnis dari aspekkeuangan. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Garriga E. & Melé D. 2004. Corporate Social Responsibility Theories - Mapping the territory. Journal of Business Ethics. Vol 53. No.1. hal. 52-55.

Gill, Amarjit dan Obradovich, John. 2012. The Impact of Corporate Governance and Financial Leverage on the Value of American Firms. InternationalResearch Journal of Finance and Economics. ISSN 1450-2887 Issue 91.

Godfrey, J., et al. (2010). Accounting Theory (7th ed.). New York: McGraw Hill.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Hamonangan Siallagan. Dan Mas’ud Machfoedz. 2006. Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan. SNA 9 Padang.

Hardiyanti, Nia, 2012, Analisis Pengaruh Insider Ownership, Leverage,Profitabilitas, Firm Size Dan Dividen Payout Ratio Terhadap NilaiPerusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEITahun 2007-2010.

Hartono, Jogiyanto. 2008. Metodelogi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Hartono, Jogiyanto, 2007. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi 5, BPFE, Yogyakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia. PSAK No. 1 Tentang Laporan Keuangan– edisi revisi 2015. Penerbit Dewan Standar Akuntansi Keuangan: PT. Raja Grafindo

Jensen, M.C. 2001. ìValue Maximization, Stakeholders Theory, and The Corporate Objective Functionî. Working Paper; No.01-09. Harvard Business School, PP.1-21. or www.google.com/search/Working Paper/Harvard Business School. Di download pada tanggal 27 Maret 2009

Karundeng Frandy, Grace B, Nangoi, dan Herman Karamoy, (2017). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas, Kepemilikan Manajemen, Dan Ukuran perushaaan sebagai variable Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI Tahun 2012-2016). Penelitian. Program Studi magister Akuntansi, fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi

Kasmir, 2008, Analisis Laporan Keuangan, Rajawali Pers, Jakarta.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi satu. Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

K. Sitepu, Rasidin, dan Bonar M. Sinaga, 2004. “Dampak Investasi Sumber Daya Manusia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Kemiskinan di Indonesia”: Pendekatan Model.

Lais Khafa dan Herry Laksito, (2015). pengaruh CSR, ukuran perusahaan, leverage, dan keputusan investasi pada kinerja keuangan perusahaan dan nilai perusahaan. Jurnal akuntansi vol. 4 no.4 tahun 2015, halaman 1.

Margolis, J.D, Walsh, J.P. (2003). Misery Loves Companies: Rethinking Social Initiatives by Business. AdministrativeScience Quarterly. Vol 48 No. 5: 268-305

McGuire, J. B. dan T. Schneeweis. 1988. Corporate Social Responsibility and Firm Financial Performance. Academy of Management Journal Vol. 31, No. 4: 854-872.

McWilliam, A. Dan D. Siegel. 2001. Corporate Social Responsibility: A Theory of the Firm Perspective. Academy of Management Journal, 31:854-872

Naceur, Samy Ben. and Goaied, Mohamed. 2002. The relationship between dividend policy, financial structure, profitability and firm value. Applied Financial Economics. 12: 843-849

Putri, Ayu Kemala, Made Sudarma, Bambang Purnomo. (2016). “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi”. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM).Vol 14, No 2.

Oktaviani Heni, 2015. Annual Report Jamsostek 2013. Diakses tanggal 3 Maret 2015. http://www.scribd.com/doc/254435156/Annual-Report-Jamsostek2013#scribd

Orlitzky, et al. 2003. Corporate Social and Financial Performance: A Meta-Analysis. Organization Studies 24:403-441

Rudangga I Gusti Ngurah Gede dan Gede Merta Sudiarta, 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E- Jurnal Manajemen Unud, Volume 5, No. 07

Salvatore, Dominick. 2005. Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global. Salemba Empat: Jakarta.

Septiana, Rika Amelia. 2012. Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Skripsi

Sucuahi, William and Jay Mark Cambarihan. 2016. Influence of Profitability To The Firm Value Of Diversified Companies In The Philippines. Accounting and Finance Research. 5(2): pp: 149-153.

Suharto, Edi. (2007a). Pekerjaan Sosial di Dunia Industri:Memperkuat Tanggungjawab Sosial Perusahaan (CSR). Bandung: Refika Aditama

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Sistem Akuntansi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sujoko dan Ugy Soebiantoro. 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Interen dan Faktor Eksteren terhadap Nilai Perusahan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 9, No. 1.

Sukada, dkk. 2007. Membumikan Bisnis Berkelanjutan ; Memahami Konsep Dan Praktik Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jakarta : Indonesia Business Links.

Sukirni, Dwi, 2012. Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividend an Kebijakan Hutang Analisis Terhadap Nilai Perusahaan. Accounting Analysis Journal, 2012.

Sulistiono. (2010). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2006-2008. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Syamsir Torang. 2012. Metode Riset Struktur & Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Teoh, S.H., Welch, I., & Wong, T.J. 1998. Earnings Management and The Underperformce ofSeasoned Equity Offerings. Journal of FinancialEconomics, Vol.51, No.1. (October), pp.63-99.

Torang, Syamsir. 2013. Organisasi Dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya Dan Perubahan Organisasi). Bandung : Penerbit Alfabeta.

Urip, Sri. 2014. Strategi CSR. Literati. Tangerang.

Weston, J.F dan Copeland. 2008. Dasar–Dasar Manajemen Keuangan Jilid II. Jakarta : Erlangga.

Weygandt J Jerry, Donald E. Kieso, Paul D. Kimmel. 2007. Pengantar Akuntansi. Edisi Tujuh . Buku Satu . diterjemahkan oleh Ali Akbar Yulianto, Wsailah, Rangga Handika, Penerbit : Salemba Empat . Jakarta.

Winari, Dewi & Moch. Imron. 2012. Pengaruh CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating.

Wiyono, Gendro dan Kusuma, Hadri. 2017. Manajemen Keuangan Lanjutan Berbasis Corporate Value Creation Edisi kesatu. Yogyakarta. UPP STIM YKPN.

Yusuf Wibisono, 2007, Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility), PT Gramedia, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.