KINERJA PEGAWAI SEBAGAI MEDIASI: KOMPETENSI, TEAMWORK, KUALITAS LAYANAN

Authors

  • exvan fajar bismart
  • muryati muryati
  • rahayu puji suci

DOI:

https://doi.org/10.31328/jim.v7i1.2603

Keywords:

Kata Kunci, Kompetensi, Teamwork, Kinerja Pegawai, Kualitas Layanan Publik

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study is to explain the effect of competence and teamwork on the quality of public services mediated by the performance of the employees of the Batu City Public Works and Spatial Planning Office. This research is an explanatory research. The population is all permanent employees of the Batu City Public Works and Spatial Planning Service, totaling 78 people. The main data collection technique used a research instrument in the form of a closed questionnaire.The results showed that competence was not able to improve employee performance; Stronger teamwork is able to improve employee performance; Increasingly higher competence is able to improve the quality of public services; The stronger teamwork is able to improve the quality of public services; Higher employee performance is able to improve the quality of public services; Competence is not able to improve the quality of public services that are mediated by employee performance, and; The stronger teamwork is able to improve the quality of public services mediated by employee performance.Keywords: Competence, Teamwork, Employee Performance, Quality of Public Services. ABSTRAK Tujuan penelitian ini menjelaskan pengaruh kompetensi dan teamwork terhadap kualitas layanan publik yang dimediasi kinerja pegawai Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Batu. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanatori (explanatory research). Populasi adalah seluruh Pegawai Tetap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Batu yang berjumlah 78 orang. Teknik pengumpulan data utama menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner yang besifat tertutup.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi tidak mampu meningkatkan kinerja pegawai; Teamwork yang semakin kuat mampu meningkatkan kinerja pegawai; Kompetensi yang semakin tinggi mampu meningkatkan kualitas layanan publik; Teamwork yang semakin kuat mampu meningkatkan kualitas layanan publik; Kinerja pegawai yang semakin tinggi mampu meningkatkan kualitas layanan publik; Kompetensi tidak mampu meningkatkan kualitas layanan publik yang dimediasi kinerja pegawai, dan; Teamwork yang semakin kuat mampu meningkatkan kualitas layanan publik yang dimediasi kinerja pegawai.Kata Kunci: Kompetensi, Teamwork, Kinerja Pegawai, Kualitas Layanan Publik.     

References

Daftar Pustaka

Al Salman, Walid Al & Zubair Hassan. (2016). Impact of Effective Teamwork on Employee Performance, International Journal of Accounting & Business Management, Vol.4 (No.1), April, 2016, ISSN: 2289-4519, DOI: 10.24924/ijabm/2016.04/v4.iss1/76.85

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bateman T. S., Ferris G. R., dan Strasser S. (1984). The Why Behind Individual Work Performance. Journal of Management Review. The American Management Association.

Billy Yanis Saputra, Susi Hendriani, Machasin. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Penempatan terhadap Semangat Kerja dan Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. Vol. IX. No. 2

Bismawati. (2019). Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mamuju Utara, Jurnal Katalogis, Volume4 Nomor3, Maret 2016 hlm 1-12.

Boulter, Nick. Dalziel, M. and Hill, J. (2000). People and Competencies. London. Bidlles, Ltd.

Brophy, M. & T. Kiely. (2002). Competencies: A New Sector. Journal of European Industrial Training, 26 (2-4):165-176.

Daft, R.L. (2000). Management. Alih Bahasa Emil Salim, Tinjung Desi Nursanti dan Maryanmi Hermanto, Edisi 5, 2002, Jakarta: Erlangga.

Darsono dan Tjatjuk Siswandoko (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Abad 21. Jakarta: Nusantara Consulting.

Dewi, Sandra. (2007). Teamwork: Cara Menyenangkan Membangun Tim Impian. Bandung: Proggressio.

Dharma, Surya. (2013). Manajemen Kinerja: Falsafah, Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dhermawan, A.A.N.B., Sudibya, I.G.A., & Utama, I.W.M. (2012). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 6(2), 173-184.

Diah Febrianti, Lina Mahardiana, dan Risnawati. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kualitas Layanan pada Kantor Layanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu. Vol. 3, No. 3, September2017, 257-266.

Dina Rande. (2019). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mamuju Utara. eJurnal Katalogis, Volume 4 Nomor 2, Februari 2016 hlm101-109.

Drucker, P. F. (1995). People and Performance: The Best of Peter Drucker on Management. Routledge.

Fapohunda, Tinuke. M (2013). Towards Effective Team Building in the Workplace. Journal of Education and Research, 9(4)1-12.

Ferdinand, Augusty, TAE. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Fitzsimmons J. and Fitzsimmons M.J. (1994). Service Management for Competitive Advantage. New York: McGraw Hill Inc.

Griffin, Ricky W. (2004). Manajemen. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Hadi, Sutrisno. (2004). Penelitian Research. Yogyakarta: BPFE.

Halil Zaim, Mehmet Fatih Yaşar, and Ömer Faruk Ünal, (2013). Analyzing the Effects of Individual Competencies on Performance in the Services Industries in Turkey, The American University of the Middle East https://www.researchgate.net/publication/292674651

Hariandja, T.E. Marihot. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hastuti, S dan Wijayanti, L. (2009). Kinerja Manajerial: Hasil Kerjasama Tim dan Perbaikan Berkesinambungan. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, Vol. 9, No.1. Hal: 10-18.

Hatta. Muhammad, Said Musnadi, Mahdani. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kerjasama Tim dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya pada Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh. Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah. Volume1, No.1,p.p 70-80.

Hestyn Amalia, Noermijati, Arief Alamsyah, Amalia. (2012). Pengaruh Nilai Organisasi terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Vol. 15 No. 2.

Istianto, B. (2009). Manajemen Pemerintahan dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ivancevich, J.M., Konopaske, M.R., Matteson, M.T. (2005). Perilaku dan Managemen Organisasi, Jakarta: Erlangga.

Jones,A., Richard,B., Paul,D., Sloane K., and Peter,F. (2007). â€Effectiveness of Team Building in Organizations†Journal of Management.

Keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pelayanan Publik.

Khaerudin, Abdul Rivai, and Muhadi Riyanto. (2018). The Effect of Placement and Competency On Performance Through Employee Commitment In Financial Center Office Ministry Of Defense Indonesia. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668. Volume 20, Issue 2. Ver. VIII (February. 2018), PP 54-61.

Kusdi, (2013). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Kudus dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Moderator. Abstrak Students’ Journal of Economic and Management, Volume 2, No 1, 2013. http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe7/article/view/1538. Diakses 5 Januari 2019.

Liakopoulou. (2011). The Profesional Competence of Teachers: Which Qualities, Attitudes, Skills and Knowledge Contribute to A Teacher’s Effectiveness? International Journal of Humanities and Social Science Vol.1 No.21 (Special Issue-December 2011).

Linda Wulan Riana. (2019). Pengaruh Kerjasama Tim dan Kepuasan Kerja terhadap Kualitas Layanan (Pada Perawat di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda). PSIKOBORNEO, 7(1): 232-242. ISSN 2477-2674(online), ISSN 2477-2666 (cetak), ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id

Lombardo, M.M., & Eichinger, R.W. (2000). High Potentials as High Learners. Human Resource Management, 39(4), 321-329.

Malhotra. (2005). Riset Pemasaran. Jilid I. Edisi 4. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mathis, Robert L., dan John H (2006) Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 10 Jilid I, Terjemahan Diana Angelica, 2009. Jakarta: Salemba 4.

Moeheriono (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mohd Noor, K. B., & Dola K. (2009). Job Competencies for Malaysian Managers in Higher Education Institution. Asian Journal of Management and Humanity Sciences, Vol. 4, No. 4, pp. 226-240.

Motowidlo, S.J. (2003). Hand Book of Psychology, Chapter 3: Job Performance, John Wiley & Sons, Inc.

Mulyanto dan Sutapa Hardaya. (2009). Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta, Vol 1, No 2.

Nangoi. (2004). Pemberdayaan di Era Ekonomi Pengetahuan. Jakarta: Gramedia.

Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Parasuraman A, Berry L, Zeithaml V. (1991). Understanding Measuring and Improving Service Quality Findings from a Multiple Research Program‟, Service Quality - Multidisciplinary and Multinational Perspectives, Lexington Books, NY

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Poernomo, Eddy. (2006). Pengaruh Kreativitas dan Kerjasama Tim terhadap Kinerja Manajer pada PT. Jesslyn K Cakes Indonesia Cabang Surabaya. Jurnal Ilmu-ilmu Ekonomi, Vol. 6(2), pp. 102-108.

Rahayu, BS. (2011). Pelatihan Pembuatan Media Digital Story Telling (DST) Berbasis Subject Specific Pedagogy (SSP) bagi Guru SMK untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru sebagai Penunjang Program PPG.Artikel PPM Unggulan.

Rivai, Veithzal. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Riyadi, Kusnanto. (2007). Motivasi Kerja dan Karakteristik Individu Perawat di RSD Dr. H. Moh Anwar Sumenep Madura. WPS No. 18 April 2007.

Robbins, S. P., & Judge, Timothy. A. (2011). Organizational Behavior. (14th ed). New Jersey: Prentice Hall.

Roro, Rukmini Widiaswari. (2012). Pengaruh Kinerja Aparatur Pemerintah terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kecamatan Banjar Baru, Jurnal Spread, Vol. 2, No. 2.

Roth, Gabriel. (1987). The Private Provision of Public Service in Developing Countries. New York. Oxford University Press

Safitri, Mailisa, Husnaina, Amri, dan Shabri, M. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kerjasama Tim, dan Gaya Komunikasi terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kota Jombang. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syah Kuala ISSN 2302-0199 pp 1-17. Diakses tanggal 8 Januari 2019.

Sanyal. Shouvik, and Mohammed Wamique Hisam. (2018). The Impact of Teamwork on Work Performance of Employees: A Study of Faculty Members in Dhofar University. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM)e-ISSN:2278-487X, p-ISSN:2319-7668. Volume20, Issue3. Ver. I(March. 2018), PP15-22www.iosrjournals.org

Sarboini, Jen Surya, dan Wahyu Safiansyah. (2017). Pengaruh Kepemimpinan dan TeamWork terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. PLN (PERSERO) Cabang Banda Aceh. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi (EMT) 1(2), 2017, 86-90, Available online at http://journal.lembagakita.org

Sasa AniArnomo, (2013). Pengaruh Teknologi Informasi dan Kemampuan Kerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Masyarakat pada Dinas kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Kehutanan (DKP2K) Kota Batam. CBIS Journal, Volume1, Nomor1, ISSN 2337–8794

Septiyani & Sanny, L. (2013). Analisis Pengaruh Kompetensi Individu dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Beta Setia Mega. Binus Business Review, 4(1), 274-282.

Siagian, Sondang P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Smither R.D., Houston J.M., McIntire S.D. (1996). Organization Development Strategies for Changing Environment. Harper and Collins Publisher. New York

Soegito, Eddy Soeryatno. (2007). Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi, Jakarta: Elex Media Komputindo

Soekarno. (2002). Sistem Pengendalian Manajemen: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Spencer, M.Lyle, and Spencer, M. Signe. (2007). Competence at Work: Models for Superrior. Canada: John Wiley & Son.

Sriwidodo, Untung dan Agus Budhi Haryanto. (2010). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Komunikasi dan Kesejahteraan terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan, Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol. 4 No. 1 Juni.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suryaningtyas, P.Y. (2002). Pertukaran Kerjasama dan Kinerja. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia I (2): 162-181.

Sutrisno, Edi. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyitno. (2017). Effect of Competence, Satisfaction and Discipline on Performance of Employees in the Office of Women Empowerment and Family Planning of West Papua. Asian Social Science; Vol. 13, No. 5; 2017 ISSN 1911-2017 E-ISSN 1911-2025 Published by Canadian Center of Science and Education.

Syahyuni, D. (2016). Hubungan Antara Kompetensi Dengan Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Jasa. Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, SNIPTEK 2016, ISBN: 978-602-72850-3-3, 27-34.

Thevaranjan Dinesh & V.R. Ragel. (2016). The Impact of Employee Performance on Service Quality. Journal for Studies in Management and Planning, Volume 02 Issue 2 February 2016, e-ISSN: 2395-0463, Availableathttp://edupediapublications.org/journals/index.php/JSMaP/

Timpe, Dale. (2002). Seri Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis (Memimpin Manusia). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2005). Service, Citra Wisata dan Satisfaction, Yogyakarta: Andi.

Tracy, Brian. (2006). Pemimpin Sukses. Cetakan Keenam. Penerjemah: Suharsono dan Ana Budi Kuswandani. Jakarta: Pustaka Delapatrasa.

UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan: Pasal 1 (10).

West, Michael, A. (2012). Effective Teamwork: Practical Lessons from Organizational Research - Psychology of Work and Organizations John Wiley & Sons.

Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zhuang, X., MacCann, C., Wang, L., Liu, L., & Roberts, R.D. (2008). Development and Validity Evidence Supporting A Teamwork and Collaboration Assessment for High School Students. Journal Research Report, 08(50)1-51.

Downloads

Published

2021-03-31