ANALISIS FAKTOR KEPUTUSAN NELAYAN UNTUK MENGIKUTI ASURANSI MANDIRI

Authors

  • DINI MARIATI
  • MOERYATI MOERYATI
  • ARIEF PURWANTO

DOI:

https://doi.org/10.31328/jim.v7i3.3523

Keywords:

Kata kunci, Analisis Faktor, Regresi, Nelayan, Asuransi

Abstract

ABSTRACT This research aims to analyze the factors that influence fishermen to participate in independent insurance and to analyze the most dominant factors influencing fishermen in participating in independent insurance. The population in this research were all fishermen of 2,070 people in the city of Pasuruan. The sample was determined based on the Slovin formula with an error term of 10%. Thus, 95 respondents were obtained. Following the problems and hypotheses that had been formulated in this research, the inferential statistical data analysis was measured using factor analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that shifts in culture, geographic area, social class, life experience, family, income, motivation, perception, and knowledge were able to influence fishermen’s decision to participate in independent insurance. Social status, economic conditions, lifestyle were not able to influence fishermen's decision to participate in independent insurance. Socio-culture was a dominant factor influencing fishermen's decision to participate in independent insurance. Keyword: Factor Analysis, Regression, Fishermen, Insurance  ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nelayan untuk mengikuti asuransi mandiri; dan untuk menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi nelayan dalam mengikuti asuransi mandiri. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nelayan di Kota Pasuruan yang berjumlah 2.070 orang. Sampel ditentukan berdasarkan rumus slovin dengan error term sebesar 10%, sehingga didapatkan 95 responden. Sesuai dengan permasalahan dan hipotesis yang telah dirumuskan, maka dalam penelitian ini analisis data statistik inferensial diukur dengan menggunakan analisis faktor dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergeseran budaya, wilayah geografis, kelas sosial, pengalaman hidup, keluarga, pendapatan, motivasi, persepsi dan pengetahuan mampu mempengaruhi keputusan nelayan untuk mengikuti asuransi mandiri. Status sosial, keadaan ekonomi, gaya hidup tidak mampu mempengaruhi keputusan nelayan untuk mengikuti asuransi mandiri. Sosial budaya merupakan faktor yang dominan mempengaruhi keputusan nelayan untuk mengikuti asuransi mandiri.Kata kunci: Analisis Faktor, Regresi, Nelayan, Asuransi  

References

Daftar Pustaka

_____Kota Pasuruan Dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik Kota Pasuruan.

Al-Azzam, A.F.M. 2014. Evaluating Effect of Social Factors Affecting Consumer Behavior in Purchasing Home Furnishing Products in Jordan. British Journal of Marketing Studies. 2(7), pp. 80-94.

Amritaningsih, U. 2016. Pengaruh Keadaan Ekonomi, Gaya Hidup, dan Tingkat Pendidikan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Salatiga. Karya Ilmiah. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Armstrong, G., & Kotler, P. 2015. Marketing an Introducing. 12th Edition. England: Pearson Education, Inc.

Bajpai, S., Mazhar, S.S., & Khan, F.S. 2019. Study of Factors Affecting Customers Preference Towards Investment in Life Insurance Policies. https://www.researchgate.net/publication/337906741 (Diakses 6 April 2020).

Damanik, E.C. 2016. Pengaruh Motivasi, Status Sosial Ekonomi, dan Brand Image Terhadap Keputusan Mahasiswa Luar Pulau Jawa Melanjutkan Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Karya Ilmiah. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

De Sa J.D.S., Mainardes, E.W., & De Andrade, D.M. 2020. Buying a Family Car: Relevant Factors for Teenagers. Emerald Publishing Limited: Revista de Gestão. 27(1), pp. 21-36.

Hermawati, I. 2018. Pengaruh Faktor Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pemilihan Pakaian di Desa Lagego Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. DINAMIS - Journal of Islamic Management And Bussines. 1(1), pp. 17-24.

Jariah, A. 2012. Analisis Faktor-faktor Pribadi Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Lumajang. Jurnal WIGA. 2(2), pp. 1-18.

Kotler, P., & Keller, K.L. 2013. Marketing Management. 14th Edition. England: Pearson Education Limited.

Krimayanti., Maryani, E., & Somantri, L. 2018. Pengaruh Faktor Geografi Terhadap Keputusan Berkunjung ke Kota Bandung. Tourism Scientifie Journal. 4(1), pp. 67-77.

Kurniawati, I.D. 2019. Pengaruh Pengetahuan Produk dan Media Promosi Terhadap Proses Keputusan Nasabah (Suatu Survei pada Nasabah Bank Muamalat KCP Salman ITB Bandung terhadap Produk Asuransi Zafirah Proteksi Sejahtera). Karya Ilmiah. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pasundan, Bandung.

Maharani, P.V. 2015. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat di Kota Singaraja Memiliki Program Asuransi Unitlink. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha. 5(1), pp. 1-10.

Nugraheni, P. N. A. 2003. Perbedaan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja Ditinjau dari Lokasi Tempat Tinggal. Surakarta: Fakultas Psikologi UMS pp 15

Nugraheni, R.D. 2018. Pengaruh Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Pada Pembelian Rumah di Perum Perumnas Cabang Mojokerto Lokasi Madiun). EQUILIBRIUM. 6(1), pp. 80-85.

Nursalim, R. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemakaian Jasa Asuransi AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Purworejo. SEGMEN-Jurnal Manajemen dan Bisnis. 10(1a), pp. 1-8.

Pahwa, B., & Gupta, M. 2019. A Study of Factors Influencing the Purchase Decision of Health Insurance Policies Using AHP Approach. COMPUSOFT, An international journal of advanced computer technology. 8(7), pp. 3285-3293.

Pangestu, S.D., & Suryoko, S. 2016. Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pelanggan Peacockoffie Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis. 5(1), pp. 63-70.

Pangestuti, A.W., & Sukresna, I.M. 2018. Analisis Pengaruh Kesadaran Nilai, Pemenuhan Status Sosial, dan Materialisme Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Tiruan Merek Terkenal (Studi pada Konsumen Sepatu Tiruan Merek Terkenal di Semarang). Diponegoro Journal of Management. 7(4), pp. 1-11.

Putera, A.P.F., Djumarno., & Toto H.U. 2019. The Influence of Cultural, Social, Personal and Psychological Factors on Consumer Decisions in Buying Bancassurance. International Journal of Business Marketing and Management (IJBMM). 4(11), pp. 70-77.

Rose, S., Clark, M., Samouel, P., & Hair, N. 2012. Online Customers Experience in e-Retailing: An Empirical Model of Antecendent and Outcomes. Journal of Retailing. 88(2), pp. 308-322.

Sanusi, H. 2018. Peran Keluarga dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/sanusi1987/5a256ed459b13023b51276e2/peran-anggota-keluarga-dalam-mempengaruhi-keputusan-pembelian-produk?page=1 (Diakses 14 Juni 2020).

Sari, Y.D. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Industri Garment. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 2(1), pp. 86-105.

Sarjono, H., & Julianita, W. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Silva, P.M. 2017. Pengaruh Persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi (Pada Nasabah Asuransi Prudential di Kota Samarinda). PSIKOBORNEO. 5(3), pp. 427-440.

Siswarini, C.N., & Masreviastuti. 2018. Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Lee’s Boutique Malang. JAB - Jurnal Aplikasi Bisnis. 4(2), pp. 353-356.

Sofuwan, T.M., & Nurrahmi, M. 2015. Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Pada PT. Sequislife Insurance Cabang Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen. 5(1), pp. 1-14.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taroreh, et al.2015.Pengaruh Persepsi Konsumen dan Kepercayaan terhadap Penggunaan Jasa Asuransi pada Asuransi JASINDO Manado.jurnal online (vol 3 no 3) diakses tanggal 20 Juni 2020.

Ulbinaite, A., Kucinskiene, M., & Le Moullec, Y. 2013. Determinants of Insurance Purchase Decision Making in Lithuania. Inzinerine Ekonomika-Engineering Economics. 24(2), pp. 144-159.

Wibowo, B.A., & Mudiantono. 2016. Analisis Pengaruh Faktor Sosial dan Pengalaman Terhadap Kepercayaan Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Customer to Customer (C2C) E - Commerce di Semarang. Diponegoro Journal of Management. 5(3), pp. 1-9.

Yolandari, N.L.D., & Kusumadewi, N.M.W. 2018. Pengaruh Pengalaman Pelanggan dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli Ulang Secara Online Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Situs Online Berrybenka.com). E-Jurnal Manajemen Unud. 7(10), pp. 5343-5378.

Downloads

Published

2022-02-20