EKSPLORASI FAKTOR KENDALA DAN STRATEGI IMPLEMENTASI REFORMASI PERPAJAKAN GUNA MENDORONG PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK
DOI:
https://doi.org/10.31328/jim.v8i1.3998Keywords:
Kata kunci, Marketing, Sosialisasi, Reformasi, Sistem Informasi Manajemen, Ekonomi, Kepatuhan, Penerimaan, Manajemen, Hukum, Komitmen, Strategi, Kendala.Abstract
ABSTRACT The purpose of the research is to obtain empirical evidence in the form of propositions and existing models on the exploration of constraint factors and strategies for implementing tax reform to encourage increased tax revenue and taxpayer compliance. Intensive interviews were conducted to eight key informants set by snowball sampling. Qualitative approach to case studies by following three stages of analytical techniques from Strauss & Corbin, namely open coding, axial coding, and selective coding. The results obtained are in the form of four propositions, namely: Strengthening the commitment of the taxman, increasing taxpayer compliance, potentially boosting tax revenues as a sign of successful implementation of tax reform; Improving the economy, the adjustment of tax reform, supported by sophisticated management information systems, are suspected to be able to encourage the strengthening of tax reform implementation; Professional management, supported by good marketing, as well as the implementation of appropriate strategies, is suspected to be able to encourage the strengthening of tax reform implementation; as well as intensive socialization, fair law enforcement, reduced constraints are suspected to be able to encourage strengthening the implementation of tax reform.Keywords: Marketing, Socialization, Reform, Management Information Systems, Economy, Compliance, Acceptance, Management, Law, Commitment, Strategy, Constraints. ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan bukti empiris berupa proposisi dan existing model tentang eksplorasi faktor kendala dan strategi implementasi reformasi perpajakan guna mendorong peningkatan penerimaan pajak dan kepatuhan wajib pajak. Wawancara intensif dilakukan kepada delapan key informan yang ditetapkan secara snowball sampling. Pendekatan kualitatif studi kasus dengan mengikuti tiga tahapan teknik analisis dari Strauss & Corbin, yakni open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil yang diperoleh berupa empat proposisi, yakni: Menguatnya komitmen petugas pajak, meningkatnya kepatuhan wajib pajak, berpotensi mendongkrak penerimaan pajak sebagai tanda suksesnya implementasi reformasi perpajakan; Membaiknya perekonomian, adanya penyesuaian reformasi perpajakan, didukung sistem informasi manajemen yang canggih, diduga mampu mendorong penguatan implementasi reformasi perpajakan; Manajemen yang profesional, didukung marketing yang baik, serta penerapan strategi yang tepat, diduga mampu mendorong penguatan implementasi reformasi perpajakan; serta Sosialisasi yang intensif, penegakan hukum yang adil, kendala yang ada berkurang diduga mampu mendorong penguatan implementasi reformasi perpajakKata kunci: Marketing, Sosialisasi, Reformasi, Sistem Informasi Manajemen, Ekonomi, Kepatuhan, Penerimaan, Manajemen, Hukum, Komitmen, Strategi, Kendala.References
Daftar Pustaka
Abimanyu Anggito 2013. Reformasi Perpajakan Perlu Dukungan Masyarakat. Badan Analisa Fisikal Departemen Keuangan.
Abdul Rahman. 2010. Panduan Pelaksanaan Administrasi Pajak: Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis Dan Perusahaan. Bandung: Nuansa.
Ade Suherman, 2011. Analisis Pengaruh Kompetensi Account Representative Dan Independensi Account Representative Serta Penerapan Benchmarking Laporan Keuangan Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Kanwil Djp Sumut I. Tesis. Medan : UniversitasSumatera Utara.
Alwasilah, A. Chaedar. 2003. Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Amanda, Cynthia Pradisti, Rifa, Dandes & Minovia, Arie Frinola (2014), Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Pelayanan Fiskus dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Padang. Jurnal Akuntansi,4(1)
Basuki, Sulistyo. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Penaku.
Budileksmana, Antariksa, 2015, “Manfaat dan Peranan Pajak Dalam Era Self Assessment Perpajakanâ€, Jurnal kuntansi dan Investasi
Brondolo, Jhon, Carlos Silvani, Eric Le Borgne, and Frank Bosch. 2008. “Tax Administration Reform and Fiscal Adjustment: The Case of Indonesia (2001-07). Journal of Economics.
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Choong, K.F., & Lai M.L. 2009. “Self Assessment Tax System and Compliance Complexities : Tax, Practitioners, Perspectivesâ€. Oxford Business & Economics Conference Program. 24 – 26 Juni 2009.
Deni, Kusuma. Adi. 2015. Performance Measurement In Indonesia’s Tax Agency. Tesis Magister Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Gajah Mada.
Dessy. 2017. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jurnal. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Devano, Sony dan Rahayu.2006.Perpajakan, Konsep, teori dan isu, Jakarta: Kencana
Fuadi, Afian. 2013. Analisis Pengelolaan Kinerja Organisasi Sektor Publik Berbasis Balanced Scorecard (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang). Universitas Brawijaya.
Gronroos, C. (2016). Service Management and Marketing: A Customer Relationship Management Approach. Chishester: Jhon Wiley and Sond, Ltd.
Gunandi, 2007. Akuntansi Pajak. Edisi ketiga, Cetakan Pertama. PT. Gramedia Wydia Sarana Indonesia, Jakarta
Gunadi. 2013. Panduan Komprehensif Pajak Penghasilan. Jakarta: Bee Media Indonesia
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Keban, T. Yeremias. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.
I Gede Putus Pranadata. 2014. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Perpajakan Dan Pelaksanaan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu Malang: Universitas Brawijaya. kemenkeu.go.id/apbn2018 diakses tanggal 19 Maret 2019
Kundalini, Pertiwi (2016). Pengaruh Kesadaran Waib Pajak Dan Pelayanan Pegawai Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor PelayananPajak Pratama Kabupaten Temanggung Tahun 2015. Skripsi. Yogyakarta:UNY.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.
Keputusan Menteri Keuangan Nomor KMK-885/KMK.03/2016 tentang Pembentukan Tim Reformasi Perpajakan (Tim Reformasi). 2016. Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak.
Laksana, Fajar, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008, H. 25. Liberti Pandingan, 2008. Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan Berdasarkan Undang-Undang Terbaru, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Lovelock, C. H. Patterson, P.G. dan Walker, R.H, 2005. Service Marketin: An Asia Pasific Perspective. Second Edition. Pearson Education, Australia. Mardiasmo. 2011. “Perpajakan Edisi Revisiâ€. Yogyakarta:Andi.
Masinambow, Andree (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 1(4), hal.1859.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UIPress.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muallidin, Isnaini. 2011. Kebijakan Reorganisasi Perizinan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Yogyakarta. Jurnal Studi Pemerintahan Vol 2 No.2. Hal 398423.
Mullins, Laurier J. 2005. Management and Organizational Bahavior. Prentice Hall: Edinburg GateHarlow.
Munandar AS. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Nasucha, Chaizi. 2005. Reformasi Administrasi Publik, Teori dan Praktik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nawawi, Hadari, Martini, Instrumen Penelitian BidangSosial, Gadjah Mada University Press, 1995 University Press, Yogyakarta, 2006, H. 1.
Najib, Debby Farihun. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Prang Pribadi dalam Membayar Pajak Penghasilan. Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Brawijaya, Malang.
Nugroho, Andi Rahman (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemauan untuk Membayar Pajak dengan Kesadaran Membayar Pajak sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas yang Terdaftar di KPP Pratama Semarang Tengah Satu). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Pandiangan, Liberti. 2008. Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan, Jakarta: PT.Gramedia.
Pranoto, Ayub. 2016. Reformasi Birokrasi Perpajakan Sebagai Usaha Peningkatan Pendapatan Negara Dari Sektor Pajak. Jurnal Yustisia, Vol. 5 No. 2. Hal 395-414.
Pranata,P.A dan Putu E.S. 2015. Pengaruh sanksi perpajakan, kualitas pelayanan dan kewajiban moral pada kepatuhan wajib pajak. E-Jurnal Akuntansi ISSN: 2302 – 8556. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Jawa Timur.
Prawirodidirdjo, Suharto. Arto. 2007. Analisis Pengaruh Perubahan Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan dan Kinerja Pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Penelitian pada Kantor Pelayanan Pajak Berbasis Administrasi Modern di Lingkungan Kantor Wilayah Jakarta Khusus). Tesis Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro.
Rahardjo, Mudjia. 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif : Konsep dan Prosedurnya. Program Pascasarjana, Universitas Ilam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rahayu, Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Ratminto dan atik, manajemen pelayanan, Yogyakarta: pustaka pelajar, 2005, H.2.
Resmi, Siti. 2012. Perpajakan : Teori dan Kasus Edisi 6 Buku 2. Salemba Empat, Jakarta.
Ria, Damai. Mai. 2016. Analisis Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pemerintah Provinsi Jawa Barat). Tesis Magister Sains, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.
Richard, Bird., and Oliver Oldman. 1964. Reading On Taxation In Developing Countries. Baltimore: The Johns Hopkins Press.
Robbins, Stephen P. A. Judge, Timothy. 2008. Perilaku Organisasi. Edisi 12.Jakarta: Salemba Empat.
Sampara Lukman. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan.Jakarta: STIA LAN Press Sari, Diana. 2013. Konsep Dasar Perpajakan. Bandung: PT. Refika Adimata. Saefullah, Konsep dan Metode Pelayanan Umum yang Baik, dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Fisip UNPAD, Sumedang, 1999
Sedarmayanti, Restruktur dan Pemberdayaan Organisasi Untuk Menghadapi Dinamika Esensial dan Aktual, Mandar Maju, Bandung, 1999, H. 195
Siti Kurnia Rahayu, 2010 .PERPAJAKAN INDONESIA : Konsep dan Aspek Formal, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suandy, Erly. 2002. Hukum Pajak. Edisi Kedua (Revisi). Jakarta: Salemba Empat. Sutopo dan Sugiyanti, Pelayanan Prima. Lembaga Administrasi RI, Jakarta, 1998
Sudjarwo dan Basrowi. 2009. Manajemen Penelitian Sosial. Bandung: CV. Mandar Maju.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.
Sumardjito, Herry. 2012. Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Reformasi Perpajakan (Studi Kasus pada Kantor Wilayah DJP Jakarta Khusus). Kajian Ekonomi dan Keuangan.Vol 16 No.1. Hal 17-36.
Soemitro,2008.Akuntansi Pajak,Edisi Revisi. Jakarta:Gramedia Widia Sarana Indonesia
Tahar, Rachman, 2014. “Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Kepatuhan Wajib Pajakâ€. Jurnal Akuntansi dan Investasi, Vol. 15, No 1, Januari 2014, Hal : 57-67
Utomo, B.A.W. 2011. Pengaruh sikap, kesadaran wajib pajak, dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Jurnal. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Waluyo. (2014). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat
Widyantari, N.P.D, Made A.W, dan Ni, L.E.G.S. 2017. Pengaruh pemahaman peraturan perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan formal wajib pajak dengan kondisi keuangan sebagai variabel moderasi. E-Jurnal Akuntansi (Vol.8 No.2). Jurusan Akuntansi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.
Wijoyanti, Mayang. 2010. Pengaruh Penagihan Pajak dengan Surat Paksa Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dikantor Pelayanan Pajak Jakarta Mampang Prapatan. Fakultas Ekonomi.Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.Â
 ========================================
The Copyright Transfer Form can be downloaded here:Â [Copyright Transfer Agreement Widya Yuridika]Â
The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail or scanned document toÂ
Editor-in-Chief
Jurnal Ilmu Manajemen
Postgraduate Program, Masters of Management, Universitas Widya Gama, Malang.