PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMASANG IKLAN DI B-ONE TV BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.31328/jim.v4i1.969Keywords:
Kata kunci, Perilaku Konsumen, Iklan, B-One TVAbstract
Abstrak :Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui variabel coverage area (X1), audio visual yang memadai (X2) dan harga terjangkau (X3), secara serempak berpengaruh terhadap perilaku konsumen memasang Iklan di B-one TV Bojonegoro; ingin mengetahui variabel coverage area (X1), audio visual yang memadai (X2) harga terjangkau (X3), secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumen memasang Iklan di B-one TV Bojonegoro dan ingin mengetahui diantara variabel di atas yang berpengaruh dominan terhadap perilaku konsumen memasang Iklan di B-one TV Bojonegoro.Kabupaten Bojonegoro juga terdapat stasiun TV lokal yaitu B-one yang bernaung dibawah manajemen PT Bojonegoro Lintas network Televisi. B-one TV merupakan media TV lokal di Bojonegoro dengan kekuatan daya siar 7000 kw, coverage area utama B-one TV adalah wilayah Bojonegoro dan Tuban serta bisa diterima dengan baik di wilayah Lamongan, Jombang, Cepu dan Blora (data pantauan penelpon di program live interaktif 2015 ). Peralatan yang digunakan sudah standarisasi sebagai media televisi lokal, seperti pemancar yang berkualitas tinggi sehingga mampu menghasilkan kualitas audio visual yang memadai. Disamping itu harga iklan terjangkau oleh semua konsumen B-one TV. Berdasarkan uraian diatas, sehingga B-one TV mampu memperoleh iklan TV sesuai yang dikehendaki yaitu 50 konsumen memasang Iklan di B-one TV Bojonegoro.Dalam pengujian hipotesa diduga bahwa variabel coverage area (X1), audio visual yang memadai (X2) dan harga terjangkau (X3) serempak berpengaruh nyata terhadap perilaku konsumen yang memasang iklan di B-one TV Bojonegoro terbukti secara statistik. Dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai r multiple 0.782 dan nilai koefisien determinasi(R2) yang telah disesuaikan diperoleh yaitu sebesar 0,591 yang berarti semua variabel bebas dapat menjelaskan variabel terikat sebesar 59,1% dan sisanya 41,9% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini, diantaranya promosi. Variabel coverage area (X1) berpengaruh secara nyata terhadap perilaku konsumen memasang iklan di B-one TV Bojonegoro dengan nilai thitung 3,425 > ttabel 1,694. Coverage area (X1) dapat menjelaskan perilaku konsumen yang memasang iklan di B-one TV Bojonegoro sebesar 22,5%. Variabel audio visual yang memadai (X2) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen memasang iklan di B-one TV Bojonegoro yaitu thitung 2,531 > ttabel 1,694. Disamping itu audio visual yang memadai mampu menjelaskan perilaku konsumen yang memasang iklan di B-one TV Bojonegoro sebesar 11,8%. Variabel harga terjangkau (X3) berpengaruh nyata terhadap perilaku konsumen yang memasang iklan di B-one TV Bojonegoro thitung 2,826 > ttabel 1,694.References
DAFTAR PUSTAKA
Antonius Darmanto 2008. Teknik Penulisan Naskah Acara Siaran Televisi. Yogyakarta. Penerbitan Universitas Atma Jaya
Carrol, Raymon DL Donald M Davis 2006. elektronik media programming strategies end decision making USA MC
Darmadi Duriyanto. 2008. Infansi pasar dengan iklan yang efektif, strategi, program dan teknik pengukuran. jakarta : PT gramedia pustaka utama
Jarwanto Ps dan Pangestu Subagyo, 2007, Statistik Induktif edisi ke empat, Penerbit BPFE, Yogyakarta
Farlow. Helen. 1975 Publicazing And Promoting, New York Usa mcgrow hill book company.
Gronroos Cristian 2008, Servise Management and Marketing. Managing the moment of truth in service compotition. singapore max well Mac Millan
Morgan, R.M. and Hunt, S.D. 2010, “The commitment-trust theory of relationship marketingâ€, Journal of Marketing, Vol.58, July, pp. 20-38.
Mowen dan Minor, 2009, Perilaku Konsumen. Alih Bahasa oleh Lina Salim. Jakarta: Erlangga
Philip Kotler, 2011, Manajemen Pemasaran-Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Alih bahasa Sumarno, Cetakan sembilan, Jakarta : Penerbit Erlangga
Rambat lupyoadi. 2008. Manajemen pemasaran jasa. Jakarta : Penerbit Salemba Empat
Saifudin Azwar. 2007. Rehabilitas dan validitas. Yogyakarta : Putaka Pelajar.
Sekaran,Uma.2006. Research method, New York USA mcgrow hill inc
Sri Suwari, 2008 Buku Pegangan Kuliah Manajemen Pemasaran I, Penerbit depdikbud UNS Surakarta
Stanton, William, 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid II. Alih bahasa Drs. Sadu sundaru, Jakarta : penerbit erlangga
Sutrisno Hadi.2007. Metode Penelitian Jilid II. Yogyakarta: YPFPS.
Wello, William,John Burned, And Sandra moriarty,2006. Advertising Principles And Practices, Englewood ciff, new jersey, USA prentice hall
Vitt,sam B. Uses off broadcast media dalam roger barton (ed).1970. Hand Book Off Advertising Management. New York
Zikmund,.William G, 2008. Business Research Methods Sixth Edition.Florida,USA : the Dryden press harcount college publishers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.Â
 ========================================
The Copyright Transfer Form can be downloaded here:Â [Copyright Transfer Agreement Widya Yuridika]Â
The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail or scanned document toÂ
Editor-in-Chief
Jurnal Ilmu Manajemen
Postgraduate Program, Masters of Management, Universitas Widya Gama, Malang.