PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMASANG IKLAN DI B-ONE TV BOJONEGORO

Authors

  • HENDRA OVIANTO PRATAMA UNIVERSITAS BOJONEGORO

DOI:

https://doi.org/10.31328/jim.v4i1.969

Keywords:

Kata kunci, Perilaku Konsumen, Iklan, B-One TV

Abstract

Abstrak :Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui variabel coverage area (X1),  audio visual yang memadai (X2) dan harga terjangkau (X3), secara serempak berpengaruh terhadap perilaku konsumen memasang Iklan di B-one TV Bojonegoro; ingin mengetahui variabel coverage area (X1),  audio visual yang memadai (X2) harga terjangkau (X3), secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumen memasang Iklan di B-one TV Bojonegoro dan ingin mengetahui diantara variabel di atas yang berpengaruh dominan terhadap perilaku konsumen memasang Iklan di B-one TV Bojonegoro.Kabupaten Bojonegoro juga terdapat stasiun TV lokal yaitu B-one yang bernaung dibawah manajemen PT Bojonegoro Lintas network Televisi. B-one TV merupakan media TV lokal di Bojonegoro dengan kekuatan daya siar 7000 kw, coverage area utama B-one TV adalah wilayah Bojonegoro dan Tuban serta bisa diterima dengan baik di wilayah Lamongan, Jombang, Cepu dan Blora (data pantauan penelpon di program live interaktif 2015 ). Peralatan yang digunakan sudah standarisasi sebagai media televisi lokal, seperti pemancar yang berkualitas tinggi sehingga mampu menghasilkan kualitas audio visual yang memadai. Disamping itu harga iklan terjangkau oleh semua konsumen B-one TV. Berdasarkan uraian diatas, sehingga B-one TV mampu memperoleh iklan TV sesuai yang dikehendaki yaitu 50 konsumen memasang Iklan di B-one TV Bojonegoro.Dalam pengujian hipotesa diduga bahwa variabel coverage area (X1), audio visual yang memadai (X2) dan harga terjangkau (X3) serempak berpengaruh nyata terhadap perilaku konsumen yang memasang iklan di B-one TV Bojonegoro terbukti secara statistik. Dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai r multiple 0.782 dan nilai koefisien determinasi(R2) yang telah disesuaikan diperoleh yaitu sebesar 0,591 yang berarti semua variabel bebas dapat menjelaskan variabel terikat sebesar 59,1% dan sisanya 41,9% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini, diantaranya promosi. Variabel coverage area (X1) berpengaruh secara nyata terhadap perilaku konsumen memasang iklan di B-one TV Bojonegoro dengan nilai thitung 3,425 > ttabel 1,694. Coverage area (X1) dapat menjelaskan perilaku konsumen yang memasang iklan di B-one TV Bojonegoro sebesar 22,5%. Variabel audio visual yang memadai (X2) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen memasang iklan di B-one TV Bojonegoro yaitu thitung 2,531 > ttabel 1,694. Disamping itu audio visual yang memadai mampu menjelaskan perilaku konsumen yang memasang iklan di B-one TV Bojonegoro sebesar 11,8%. Variabel harga terjangkau (X3) berpengaruh nyata terhadap perilaku konsumen yang memasang iklan di B-one TV Bojonegoro thitung 2,826 > ttabel 1,694.

References

DAFTAR PUSTAKA

Antonius Darmanto 2008. Teknik Penulisan Naskah Acara Siaran Televisi. Yogyakarta. Penerbitan Universitas Atma Jaya

Carrol, Raymon DL Donald M Davis 2006. elektronik media programming strategies end decision making USA MC

Darmadi Duriyanto. 2008. Infansi pasar dengan iklan yang efektif, strategi, program dan teknik pengukuran. jakarta : PT gramedia pustaka utama

Jarwanto Ps dan Pangestu Subagyo, 2007, Statistik Induktif edisi ke empat, Penerbit BPFE, Yogyakarta

Farlow. Helen. 1975 Publicazing And Promoting, New York Usa mcgrow hill book company.

Gronroos Cristian 2008, Servise Management and Marketing. Managing the moment of truth in service compotition. singapore max well Mac Millan

Morgan, R.M. and Hunt, S.D. 2010, “The commitment-trust theory of relationship marketingâ€, Journal of Marketing, Vol.58, July, pp. 20-38.

Mowen dan Minor, 2009, Perilaku Konsumen. Alih Bahasa oleh Lina Salim. Jakarta: Erlangga

Philip Kotler, 2011, Manajemen Pemasaran-Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Alih bahasa Sumarno, Cetakan sembilan, Jakarta : Penerbit Erlangga

Rambat lupyoadi. 2008. Manajemen pemasaran jasa. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Saifudin Azwar. 2007. Rehabilitas dan validitas. Yogyakarta : Putaka Pelajar.

Sekaran,Uma.2006. Research method, New York USA mcgrow hill inc

Sri Suwari, 2008 Buku Pegangan Kuliah Manajemen Pemasaran I, Penerbit depdikbud UNS Surakarta

Stanton, William, 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid II. Alih bahasa Drs. Sadu sundaru, Jakarta : penerbit erlangga

Sutrisno Hadi.2007. Metode Penelitian Jilid II. Yogyakarta: YPFPS.

Wello, William,John Burned, And Sandra moriarty,2006. Advertising Principles And Practices, Englewood ciff, new jersey, USA prentice hall

Vitt,sam B. Uses off broadcast media dalam roger barton (ed).1970. Hand Book Off Advertising Management. New York

Zikmund,.William G, 2008. Business Research Methods Sixth Edition.Florida,USA : the Dryden press harcount college publishers.

Downloads

Published

2018-03-31