Pengembangan Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Ujian Online Menggunakan Metode Goal-Directed Design

Authors

  • Odi Dewangga Yohanes Universitas Narotama
  • Awalludiyah Ambarwati Universitas Narotama
  • Cahyo Darujati Universitas Narotama

DOI:

https://doi.org/10.31328/jointecs.v6i1.2153

Keywords:

CBT, goal-directed design, WEBUSE, UI/UX, cetak biru,

Abstract

SMK Farmasi Sekesal adalah sekolah yang berlokasi di wilayah RSAL Dr.Ramelan kota Surabaya. Penggunaan teknologi informasi pada sekolah SMK Farmasi Sekesal sudah menjadi hal yang lazim, salah satunya Aplikasi Ujian Online berbasis website atau sering disebut CBT (Computer Besed Test). Aplikasi Ujian Online berbasis website bertujuan untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Banyak keuntungan yang diperoleh menggunakan aplikasi ini salah satunya instruktur tidak perlu mengkoreksi jawaban siswa secara manual namun ada beberapa kelemahan dalam aplikasi dirasakan oleh siswa dan guru seperti fitur sejarah nilai dan analisis pertanyaan tidak tersedia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan antarmuka dan pengalaman pengguna dengan menggunakan metode Goal-Directed Design untuk mengetahui kebutuhan dan tujuan penggunaan aplikasi. Evaluasi awal website menggunakan kuesioner WEBUSE (Website Usability Evaluation) menunjukkan bagian dari aplikasi yang memiliki prioritas untuk perbaikan atau pengembangan. Ada 5 fase pengembangan: Riset, Pemodelan, Persyaratan, Kerangka, Penyempurnaan. Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi desain dengan nilai peningkatan perkriteria yaitu Content, Organitation and Readibility 0,19, Navigation and Links 0,14, User Interface Design 0,18, Performance and Effectiveness 0,09, dan rata-rata seluruh indikator sebesar 0,75 maka masuk dalam rating scale good.

Author Biographies

Odi Dewangga Yohanes, Universitas Narotama

Program Studi Sistem Informasi

Awalludiyah Ambarwati, Universitas Narotama

Program Studi Sistem Informasi

Cahyo Darujati, Universitas Narotama

Program Studi Sistem Komputer

References

N. Nahdhatuzzahra, I. Budiman, and D. T. Nugrahadi, “Penerapan Usability Testing Terhadap Sistem Informasi Penyebaran Penyakit Unggas,†Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, p. 182, 2016, doi: 10.20527/klik.v3i2.58.

N. Aini H, R. I. Zainal, and A. Afriyudi, “Evaluasi Website Pemerintah Kota Prabumulih Melalui Pendekatan Website Usability Evaluation (Webuse),†J. Bina Komput., vol. 1, no. 2, pp. 101–105, 2019, doi: 10.33557/binakomputer.v1i2.449.

K. M. Ghufron, W. A. Kusuma, and F. Fauzan, “Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Dan Meningkatkan Ekspektasi Pengguna Dalam Kebutuhan Sistem Informasi Akademik,†SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 3, no. 2, pp. 90–99, 2020, doi: 10.31598/sintechjournal.v3i2.587.

S. A. Pribadi, R. I. Rokhmawati, and K. C. Brata, “Perancangan User Experience Situs Web Tanoto Scholars Association Brawijaya Malang Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, 2019.

T. R. Dika, “Perancangan User Interface Pada Website The Royale Krakatau Hotel Cilegon Menggunakan Metode Goal Directed Design,†J. Sist. Inf. Komput. Akunt., vol. 4, no. 1, pp. 75–84, 2019, doi: .1037//0033-2909.I26.1.78.

A. Prakash and U. Kumar, “User Interface Design Issues For Easy And Efficient Human Computer Interaction: An Explanatory Approach Debasmita,†Int. J. Comput. Sci. Eng., vol. Volume-3, no. March, pp. 127–135, 2019, doi: 10.26438/ijcse/v6i6.10141020.

L. Hardiansyah, K. Iskandar, and H. Harliana, “Perancangan User Experience Website Profil Dengan Metode The Five Planes,†J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 1, no. 01, pp. 11–21, 2019, doi: 10.46772/intech.v1i01.34.

M. B. Syahroni and H. B. Santoso, “Designing Social Question-And-Answering Interaction Using Goal-Directed Design Method,†Int. J. Adv. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 8, no. 4, pp. 1246–1254, 2018, doi: 10.18517/ijaseit.8.4.2669.

U. Niati, T. Suratno, and Mauladi, “Perancangan Dan Evaluasi Sistem Transaksi Online Pasar Tradisional Menggunakan Metode Goal Directed Design Dan Evaluasi Heuristik,†J. Sains dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 573–574, 2019.

Y. Maulana, “Evaluasi Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web Jawa Timur Park Group Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 3, no. 7, pp. 7159–7165, 2019.

B. G. Putakaz, R. I. Rokhmawati, and N. H. Wardani, “Pengembangan Antarmuka Mantuls.com Berbasis Perangkat Bergerak,†vol. 3, no. 7, pp. 6939–6948, 2019.

R. R. Rahardian, R. I. Rokhmawati, and K. C. Brata, “Perancangan User Experience Aplikasi Computer Assisted Test ( CAT ) Berbasis Website Menggunakan Metode Goal-Directed Design Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 7, pp. 6486–6494, 2019.

W. Melvin K Djami Rane, M. Shihab Ridwan, “Pengaruh Kualitas Layanan, Biaya Pendidikan Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Konsumen Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Dalam Memilih Program Studi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 869–880, 874–875, 2019.

I. K. Dewi, Y. T. Mursityo, and R. R. P. Mardi, “Analisis Usability Aplikasi Mobile Pemesanan Layanan Taksi Perdana Menggunakan Metode Webuse Dan Heuristic Evaluation,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 8, pp. 2909–2918, 2018.

F. Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,†J. Tarb. J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018, doi: 10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.

L. Florencia, Felicia, and H. R. Theresia, “Designing User Interface Chinese Learning Application Using Goal Directed Design,†Int. J. Adv. Electron. Comput. Sci., vol. 5, no. 7, pp. 14–19, 2018, [Online]. Available: http://www.iraj.in/journal/journal_file/journal_pdf/12-485-153561001914-19.pdf.

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles