Analisis Kualitas Website Gtass Menggunakan Metode Webqual 4.0 Modifikasi

Authors

  • Meidyan Permata Putri STMIK Palcomtech
  • Herawati Herawati STMIK Palcomtech Palembang
  • Intan Permata Sari STMIK Palcomtech Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31328/jointecs.v6i2.2369

Keywords:

webqual 4.0 modifikasi, kualitas kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan, kepuasaan pengguna,

Abstract

GTASS adalah website perusahaan biro perjalanan. Salah satu pengguna website GTASS adalah PT. Tiga Putra Kreasi. Metode webqual 4.0 yang dimodifikasi berfungsi untuk menganalisis tingkat kualitas website dari sisi pengguna. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Data penelitian menggunakan uji linieritas dan normalitas yang bersifat linier dan normal. Hasil penelitian yang dilakukan menjadi saran perbaikan atas kelemahan dan kekurangan website GTASS dan juga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk terus menggunakan website GTASS berdasarkan keunggulan kualitas website. Konsekuensi dari uji F adalah nilai siq 0,000 <0,05, maka H0 ditolak dan Ha diakui. Hasil uji T terhadap variabel kualitas interaksi pelayanan dengan nilai 0,001 secara parsial berpengaruh terhadap variabel kepuasan pengguna. Variabel kegunaan 0,007, kualitas informasi 0,038 dan kualitas antarmuka pengguna 0,085, tidak berpengaruh scara parsial terhadap variabel kepuasan pengguna. Hasil analisis menunjukkan bahwa website ini terbukti dapat membantu kegiatan kerja di PT. Tiga Putra Kreasi.

Author Biographies

Meidyan Permata Putri, STMIK Palcomtech

Program Studi Sistem Sistem Informasi

Herawati Herawati, STMIK Palcomtech Palembang

Program Studi Sistem Sistem Informasi

Intan Permata Sari, STMIK Palcomtech Palembang

Program Studi Sistem Sistem Informasi

References

D. S. Djaeng and B. Burhanudin, “Analisa Kualitas Website Stmik Bina Mulia Palu,†vol. 2, no. 2, pp. 53–63, 2016.

M. Arafah and T. Maslihatin, “Analisa Kualitas Website Sekolah Menengah Kejuruan,†Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, pp. 119–128, 2018.

Andini & Dkk, “Analisis Kualitas Website Sumatera Ekspres Palembang Menggunakan Metode WebQual 4.0 Modifikasi,†J. Sist. Inf., pp. 1–12, 2018.

I. Imron, “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang,†Indones. J. Softw. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 19–28, 2019, doi: 10.31294/ijse.v5i1.5861.

A. Alfiansyah Putra Karo, K. Usman, L. Puspa Sari, R. Dewi, and B. Aprial Simangunsong, “Hasil Pembentukan Karakter Siswa Pada Sekolah Full Day School,†vol. 2, 2020.

L. Sukriani, P. Eka Dianita Marvilianti Dewi, and M. Arie Wahyuni, “Pengaruh Tingkat Pendidikan,Pengalaman Kerja, Pelatihan, Dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Bumdes Di Kecamatan Negara,†J. Ilm. Mhs. Akunt., vol. 9, no. 3, pp. 85–97, 2018.

Y. Susilawati, “Analisis Inovasi Administrasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu,†vol. 16, no. 3, pp. 263–274, 2018.

N. Purnomo and M. N. Hidayat, “Persepsi Manfaat Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Shop:(Studi Kasus Di Universitas Islam Lamongan),†J. Bina Bangsa Ekon., vol. 14, no. 1, pp. 93–103, 2021.

S. Al Asyari, “Nalisis Kualitas Pengungkapan Laporan Keuangan Dalam Website Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten/Kota Di Provinsi Bengkulu),†vol. 1, no. 2656–3649, 2020.

D. A. Sihombing and H. Hellen, “Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Menginap di Chain Hotel,†Khasanah Ilmu - J. Pariwisata Dan Budaya, vol. 12, no. 1, pp. 22–29, 2021, doi: 10.31294/khi.v12i1.9445.

N. Nanicova, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro,†AGORA, vol. 7, no. 2, 2019.

Marlindawati, “E-Learning Dengan Penerapan Model End Using Computing Satisfaction ( Eucs ) ( Studi Kasus : Universitas Bina Darma Dan Stmik Mdp ),†J. Ilm. MATRIK, vol. 18, no. 1, pp. 55–66, 2016.

S. A. Sri Yanthy Yosepha, Sulhendri, “Pengaruh Iklan Di Media Sosial Dan Potongan Harga (Diskon) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Blibli.Com Dengan Pajak Sebagai Variabel Faktual,†Manaj. Bisnis, vol. 8, no. 1, pp. 16–23, 2018.

A. Yusica BR Sinuraya, M. Rum, and A. Zuhriyah, “Pengaruh Bauran Pemasaran Niu Green Tea Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura,†vol. 1, pp. 597–612, 2021.

E. Apriliana Wawoluamaya, D. Sunarto, and S. Hariani Eko Wulandari, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Berhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual 4,†J. Sist. Inf. dan Komput. Akunt., vol. 5, no. 11, pp. 159–172, 2016.

Darmadiansyah, E. Rahmawati, and N. Hidayati, “Pengaruh Karakteristik Nasabah , Pengetahuan Nasabah , Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Perbankan Syariah ( Studi Pada Bank Kalsel Syariah Banjarmasin ),†J. Bisnis dan Pembang., vol. 7, no. 1, pp. 3458–3467, 2019.

L. Samaduri, “Motivasi Petani Desa Talima A Menabung Di Bank Rakyat,†vol. 1, no. 2, pp. 28–39, 2019.

D. Nazila Hassan, C. Kojo, and I. Trang, “Pengaruh Penerapan Continuous Improvement Program (Cip) Dan Training Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Pertamina (Persero) Integrated Terminal Bitung,†vol. 9, no. 2, pp. 211–219, 2021.

F. K. Putri, A. L. Tumbel, and T. W. Djemly, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt . Matahari Department Store Di Mantos 2 Effect Of Service Quality And Customer Satisfaction On Customer Loyalty At Pt . Matahari Department Store In Mantos 2 Jurnal Em,†vol. 9, no. 1, pp. 1428–1438, 2021.

M. Winnedi Fitrayana, B. Hariadi, and E. Rahmawati, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website DRPD Provinsi Jawa Timur Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode Webqual 4.0 Modifikasi,†JSIKA, vol. 7 No. 1, 2018.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles