Perancangan Game Puzzle Pemadam Kebakaran Menggunakan Metode Linear Congruential Generator (LCG)
DOI:
https://doi.org/10.31328/jointecs.v2i2.473Abstract
Perkembangan game yang ada saat ini begitu pesat dan menjadi bagian dari gaya hidup. Game puzzle adalah sebuah aplikasi permainan untuk mengasah kemampuan berpikir, dimana pengguna harus menyusun puzzle dengan cara menggeser potongan gambar dengan waktu tersingkat untuk mendapatkan score tertinggi. Pada game ini, pengguna dapat memilih dua level permainan puzzle yaitu 3X3 atau 4X4 dan memilih gambar puzzle yang ingin dimainkan. Game puzzle ini sekaligus bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang macam macam mobil pemadam kebakaran dan kegunaanya. Ini menjadi alasan penulis untuk membuat aplikasi permainan ini. Game ini menggunakan metode Linear Congruential Generator (LCG) yang diterapkan untuk mengacak puzzle pada awal permainan. Skor yang didapat pengguna bergantung pada waktu pengguna menyelesaikan puzzle, setiap 30 detik pertama score 100, kemudian 30 detik berikutnya score berkurang menjadi 90 dan seterusnya. Semakin cepat user menyelesaikan puzzle maka semakin tinggi skor yang didapat. Game puzzle pemadam kebakaran ini menggunakan sistem operasi AndroidReferences
Akbar, Gumbira, “Penyelesaian Permainan Sliding Puzzle 3x3 Menggunakan Algoritma Greedy Dengan Dua Fungsi Heuristikâ€, Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung,
Chandra Usman, Kenedy Candra, Hendri Sopryadi, Willy, “Rancang Bangun Game Slider Puzzle Berbasis Android Menggunakan Metode Heuristik dengan Teknik Best First Searchâ€, Jurusan Teknik Informatika, STMIK MDP.
Wisnu Uriawan, Adam Faroqi, Risa Fathonah, “Pembuatan Game Slider Puzzle Menggunakan Metode Steepest Ascent Hill Climbing Berbasis Androidâ€, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
I Made Supriyadinata, “Game Edukasi Puzzle Dewa Dewi Hindu dan Tokoh Pewayangan Berbasis Android“, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STMIK) STIKOM Bali.
Wahyono Hidayat “Rancang Bangun Game Puzzle Menggunakan Platform Androidâ€, Program Studi Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.
Jeffry, Johannes Petrus, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Puzzle Pengenalan Tokoh Sejarah Berbasis Android Dengan Metode Linear Congruential Generator (LCG)â€, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Multi Data Palembang.
Rut Merilene Hady, “Perancangan Aplikasi Puzzle Transportasi Berbasis Androidâ€, Jurusan Teknik Informatika STMIK Amikom Yogyakarta.
Sarah Mason, Mali Zhang “A Graph Theoritical Approach To Solving Scramble Squares Puzzlesâ€.
Matjaž KosmaÄ, Andrej Krota, Borut Batagelj, “Puzzle Gameâ€, Faculty of Computer and Information Science, University of Ljubljana, TržaÅ¡ka 25, 1000 Ljubljana, Slovenia
Mike Keith Furlong, PA, “Vintage Plastic Sliding-Letter Puzzlesâ€.
Snehal B. Jagtap1, Dr.Bhatambarekar S.S2, Mrs. Manisha Patare3, “Android Based Application: “Chear Bear Puzzleâ€â€ Department of Computer Science,Modern College of Arts, Science and Commerce, Pune University, Maharashtra, India.
Gylfi Þór Guðmundsson, â€Solving General Game Playing Puzzles using Heuristic Searchâ€, ReykjavÃk University - School of Computer Science.
Paul Geromini , â€Arbitrarily Sized Sliding Block Puzzle Solverâ€, University Of Massachusetts
Yuxiao Wu, “An Audio-visual Sliding Puzzle Author:â€, University of Manchester School of Computer Science, BSc(Hons) Computer Science.
A.Tushar Advani1; B. Suraj Choudhary2; C. Rucha Deshmukh3; D. Varsha Dudani4; E. Parmeshwar Birajdar5 , “Puzzle Portal: An Image Processing Based Game To Impart Knowledge Throught Picture Puzzlesâ€. Department Of Electronics, Vivekanand Education Society’s Institute Of Technology, Chembur, Mumbai.
Jigsaw Andrew C. Gallagher , “Puzzles with Pieces of Unknown Orientationâ€, Eastman Kodak Research Laboratories Rochester, New York.
Jürgen Bohn, “The Smart Jigsaw Puzzle Assistant: Using RFID Technology for Building Augmented Real-World Gamesâ€, Distributed Systems GroupInstitute for Pervasive ComputingETH Zurich, Switzerland.
Parimala N, R.Senthamarai, K.Pushpavathi, “Android Application for Mind/Brain Puzzle Gameâ€, Technology, Missions University, Salem, India.
Eun-Young Park, Young-Ho Park , “A Hierarchical Interface Design of a Puzzle Game for Elementary Educationâ€, Department of Multimedia Science, Sookmyung Women’s University, Seoul, Korea.
Siti Mu’afiyah, Nurul Fuad, Azza Abidatin B, “Aplikasi Game Puzzle Grow Up Berbasis Androidâ€, Fakultas Teknik Prodi Teknik Universitas Islam Lamongan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa JOINTECS (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMPUTER SCIENCE) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada JOINTECS (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMPUTER SCIENCE);
Lisensi :
JOINTECS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
This work is Under licensed
Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)