Analisis Optimasi Kualitas Jaringan ISP melalui Pengujian Kecepatan Internet Berbasis Crowdsourcing

Authors

  • Deni Wahyu Trisdianto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ahmad Bagus Setiawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Danar Putra Pamungkas Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31328/jointecs.v8i2.6053

Keywords:

kualitas layanan internet, pengujian kecepatan, crowdsourcing, penyedia layanan internet, aplikasi pengukuran

Abstract

Kemajuan pesat dalam teknologi informasi dan telekomunikasi telah meningkatkan pentingnya akses internet yang andal dalam kehidupan sehari-hari. Namun, banyak pelanggan menghadapi ketidakpastian mengenai kecepatan akses jaringan yang diberikan oleh penyedia layanan internet (ISP). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pengujian kecepatan akses jaringan berbasis crowdsourcing untuk membantu pelanggan memperoleh data objektif dan transparan mengenai kualitas layanan internet pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode yang mencakup studi literatur, pengembangan aplikasi, pengumpulan data, analisis data, dan verifikasi. Aplikasi yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Python dan difokuskan pada parameter pengukuran kualitas layanan internet seperti bandwidth, kekuatan sinyal, delay,  dan kehilangan paket. Data dari pengukuran ini dikumpulkan secara real-time melalui kontribusi pengguna dan dianalisis untuk memberikan rekomendasi ISP terbaik berdasarkan hasil pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biznet memiliki kecepatan unduh tertinggi dengan rata-rata 73.33 Mbps dan kecepatan unggah 71 Mbps, sementara First Media menunjukkan kecepatan unduh 45 Mbps dan kecepatan unggah 43 Mbps. Indihome mencatat kecepatan unduh 38 Mbps dan kecepatan unggah 27.66 Mbps. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi pengujian kecepatan akses jaringan berbasis crowdsourcing dapat membantu pelanggan membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih ISP, sekaligus memberikan alat yang berguna bagi ISP untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

Author Biographies

Deni Wahyu Trisdianto, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jurusan Teknik Infromatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Ahmad Bagus Setiawan, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jurusan Teknik Infromatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Danar Putra Pamungkas, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jurusan Teknik Infromatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Nusantara PGRI Kediri

References

B. S. Rintyarna et al., “Modelling Service Quality of Internet Service Providers during COVID-19: The Customer Perspective Based on Twitter Dataset,†Informatics, vol. 9, no. 1, p. 11, Jan. 2022, doi: 10.3390/informatics9010011.

Tim Survei APJII, “Penetrasi Internet dan Perilaku Penggunaan Internet di Indonesia 2023,†Jakarta, Jan. 2023.

K. L. M. Ang, J. K. P. Seng, and E. Ngharamike, “Towards Crowdsourcing Internet of Things (Crowd-IoT): Architectures, Security and Applications,†Future Internet, vol. 14, no. 2, p. 49, Jan. 2022, doi: 10.3390/fi14020049.

F. N. Siburian, “Analisis Pengujian Kecepatan Akses Data Provider GSM Pada Pengguna Smartphone Android Di Kota Batam,†OSFPREPRINTS, vol. 1, no. 1, pp. 1–21, Feb. 2020.

I. M. S. Baruna, A. P. Kharisma, and I. Arwani, “Pengembangan Aplikasi Pemantauan Kualitas Wi-Fi dengan Crowdsourcing berdasarkan Lokasi berbasis Android,†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, pp. 7532–7541, Aug. 2019.

E. Ruth, “Deskripsi Kualitas Layanan Jasa Akses Internet di Indonesia dari Sudut Pandang Penyelenggara,†Buletin Pos dan Telekomunikasi, vol. 11, no. 2, pp. 137–146, Jun. 2013.

A. R. Harahap and L. Wijayanti, “Penerapan Crowdsourcing dalam Interaksi Komunitas Informasi di Indonesia: Systematic Literature Review,†Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, vol. 8, no. 2, pp. 95–108, Dec. 2022, doi: 10.14710/lenpust.v8i2.46649.

D. Murdiani and H. Hermawan, “Perbandingan Metode Waterfall dan RAD (Rapid Application Development) pada Pengembangan Sistem Informasi,†Jurnal Teknologi Informasi, vol. 6, no. 1, pp. 14–23, Jun. 2022.

I. A. Pujakesuma, I. Iskandar, Novriyanto, and Pizaini, “Analisis Kualitas Jaringan Internet 4G Menggunakan Metode Quality of Service,†KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 6, pp. 798–805, Jun. 2023.

O. of E. & A. F. C. C. Industry Analysis Division, “Internet Access Services: Status as of December 31, 2021,†Washington, DC, Aug. 2023.

International Telecommunication Union (ITU-T), “One-way transmission time,†Geneva, May 2003.

R. A. Wiryawan and N. R. Rosyid, “Pengembangan Aplikasi Otomatisasi Administrasi Jaringan Berbasis Website Menggunakan Bahasa Pemrograman Python,†Jurnal SIMETRIS, vol. 10, no. 2, pp. 741–752752, Oct. 2019.

W. S. L. Nasution and P. Nusa, “UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method,†ARRUS Journal of Engineering and Technology, vol. 1, no. 1, pp. 18–27, Aug. 2021, doi: 10.35877/jetech532.

T. Arianti, A. Fa’izi, S. Adam, and M. Wulandari, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language),†Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi (JIKTI), vol. 1, no. 1, pp. 19–25, Feb. 2022.

Ã. Máté et al., “Willingness of Participation in an Application-Based Digital Data Collection among Different Social Groups and Smartphone User Clusters,†Sensors, vol. 23, no. 9, p. 4571, May 2023, doi: 10.3390/s23094571.

K.-Y. Chi, M.-Y. Li, C. Chen, E. Kang, and Cochrane Taiwan, “Ten Circumstances And Solutions For Finding The Sample Mean And Standard Deviation For Meta-Analysis,†Syst Rev, vol. 12, no. 62, pp. 1–5, May 2023.

F. Ding, T. Wen, S. Ren, and J. Bao, “Performance Analysis of a Clustering Model for QoS-Aware Service Recommendation,†Electronics (Basel), vol. 9, no. 5, p. 740, Apr. 2020, doi: 10.3390/electronics9050740.

Downloads

Published

2024-08-29

Issue

Section

Articles