Game Edukasi Matematika dan Pengenalan Angka Menggunakan Teknologi Kinect dengan Metode Gesture Recognition
DOI:
https://doi.org/10.31328/jointecs.v3i3.815Keywords:
Kinect, Pengenalan Gestur, Matematika, Game, Edukasi, Blender, Unity 3D,Abstract
Teknologi telah digunakan dalam beberapa sektor secara masif, terutama dalam sektor pendidikan. Tetapi karena metode pembelajaran yang kurang interaktif, minat belajar para siswa menjadi turun ketika akan mengikuti pelajaran matematika. Gesture recognition adalah teknologi yang memungkinkan sebuah perangkat digital mendeteksi atau menerima input berupa gerakan pengguna melalui kamera dan melaksanakan perintah sesuai dengan input yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan game edukasi tentang matematika dan pengenalan angka dengan hardware kinect XBOX 360 menggunakan metode gesture recognition untuk mengatur dan menggerakkan objek didalam software Unity 3D yang dibuat menggunakan software Blender. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fps terbaik yang didapatkan dari beberapa percobaan adalah 60fps. Jarak ideal antara kinect dan pengguna dalam memainkan game ini adalah 1,5 sampai 2 meter dengan rata – rata penurunan 8,9 fps per 0,25 meter. Rata – rata waktu komputasi untuk membaca gerakan dari pengguna adalah 1035,9 ms. Dan dengan menggunakan script acak soal, variabel – variabel soal dapat teracak secara random tanpa ada pengulangan.References
Paulus, “The Development and Usability Testing of Game- based Learning as A Medium to Introduce Zoology to Young Learners,†Science in Information Technology (ICSITech), 2017 3rd International Conference on. IEEE pp. 541–545, 2017.
A. S. T. Afandi, H. Hindersah, and A. I. Wuryandari, “Design and Implementation of Turn-Based Strategy (TBS) Game as Part of Service- Based Alternate Reality Game (ARG),†System Engineering and Technology
(ICSET), 2014 IEEE 4th International Conference on. Vol. 4. IEEE pp. 1–5, 2014.
F. Chao, “Application of Board Game and 3-D Components in Children ’ s Environmental Education,†2018 1st IEEE Int. Conf. Knowl. Innov. Invent., pp. 210–213, 2018.
S. Wulandari, “Safari Rangers Board Game as A Campaign Media for Endangered Animal Conservation.†Game, Game Art, and Gamification (ICGGAG), 2016 1st International Conference on. IEEE, 2016.
Z. Sun, Z. Li, and T. Nishimori, “Development and Assessment of Robot Teaching Assistant in Facilitating Learning,†Educational Innovation through Technology (EITT), 2017 International Conference of. IEEE. pp. 165–169, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa JOINTECS (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMPUTER SCIENCE) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada JOINTECS (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMPUTER SCIENCE);
Lisensi :
JOINTECS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
This work is Under licensed
Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)