Penerapan Algoritma A* Untuk Penentuan Jalur Pendakian Terbaik Pada Game Petualangan 3D

Authors

  • Indra Dharma Wijaya Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Rosa Andrie Asmara Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Mustika Mentari Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/jointecs.v3i3.821

Keywords:

Unity, Puncak Mahameru, Game Petualang, Algoritma A*,

Abstract

Mendaki gunung adalah hal yang paling menantang. Tetapi, tidak semua orang bisa pergi untuk mendaki gunung. Dikarenakan, kesibukan sehari-hari yang penuh dengan jadwal kerja atau karena takut dengan medan yang sulit ketika mendaki. Dalam penelitian ini dibuatlah game yang berisi tentang game berpetualangan menelusuri alam Puncak Mahameru yang menggambarkan tentang bagaimana cara mencapai puncak dengan rute yang benar dan tantangan apa saja yang ada pada saat menuju Puncak Mahameru. Algoritma yang digunakan adalah Algoritma A* yang diimplementasikan pada rute setiap level dalam menentukan rute mana yang terbaik agar selamat sampai Puncak Mahameru. Game ini terdiri dari 3 level yaitu, level 1 terdiri dari rute Ranu Pani sampai Ranu Kumbolo. Level 2 terdiri dari Oro-oro Ombo sampai Kalimati. Dan level 3 terdiri dari Arcopo sampai Puncak Mahameru. Dengan melalui 3 level ini, pemain dapat mengambil sampah untuk mendapatkan point dan diakhir level akan mendapatkan piala jika point lebih dari 8. Pengguna dapat memainkan game 3 dimensi dan bisa memiliki gambaran seperti apa medan yang akan dilewati atau bagaimana suasana di tempat.

References

I. Dan, A. Algoritma, P. J. Taufiq, A. T. Wibowo, and G. Septiana, “Implementasi dan Analisis Algoritma A* (Star) untuk Menentukan Jalur dengan Multiple Goal pada Pergerakan NPC (Non-Playable Character)". e-Proceeding of Engineering : Vol.2, No.3 Desember 2015

Hendryanto, S.. Membangun Game First Person Shooter (FPS) Sederhana Menggunakan DarkBasic Professional. Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Dian Nuswantoro, 2009

W. Pratama, “Game Adventure Misteri Kotak Pandora,†J. Telemat., vol. 7, no. 2, pp. 13–31, 2014.

Goldstone, Will. Unity game development essentials. Packt Publishing Ltd, 2009.

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles