Pelatihan Digital Marketing Dalam Membentuk Branding Sekolah

Authors

  • R. Iqbal Robbie Universitas Muhammadiyah Malang
  • Marsudi Marsudi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/js.v4i2.2779

Keywords:

digital marketing, branding, sekolah

Abstract

Keadaan pandemi menuntut perubahan yang amat cepat dan signifikan di berbagai bidang termasuk pendidikan. Guru sebagai sumberdaya manusia di sekolah  harus mampu mengikuti perubahan dinamika tersebut dengan beradaptasi sesuai peningkatan teknologi yang berkembang cepat. Pandemi menyebabkan penurunan tingkat anak didik yang sekolah, karena sekolah menerapkan study from home sehingga banyak calon siswa yang menunda untuk sekolah. Hal ini menjadi masalah bagi sekolah untuk mempertahankan eksistensinya, oleh karena itu tim pengabdian melaksanakan pengabdian dengan memberikan pelatihan dan pendampingan. Hasilnya adalah : pelatihan berjalan dengan baik dengan terbentuknya SOP dan contoh pembuatan media sosial untuk menunjukkan kekhasan sekolah PAUD Mawar tersebut.

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Wahyu, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Management, 1(2), 88–92.

Mukharomah, Wafiatun. (2013). Strategi Mengelola Perubahan Melalui Learning Organization Industri Kecil dan Menengah pada Industri Batik di Kota Surakarta. Proceeding Seminar Nasional dan Call for Papers Sancall 2013. 110-122

Mulyono, Sugeng dan Kresnaini, Enlik.(2015). Memetakan Perubahan Organisasi dalam Desain Learning Organization pada Usaha Kecil Menengah di Kota Malang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 18(1): 101-118

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13.

Urmila Dewi, M. H., Trunajaya, I. G., Kesumajaya, I. W. W., & Adigorim, I. M. (2018). Penerapan Digital Marketing dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Pelaku UKM di Kabupaten Klungkung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 19. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i2.234

Downloads

Published

2021-09-24