PEMANFAATAN PEMASARAN DIGITAL BAGI UMKM KERUPUK SINGKONG DI DUSUN SEKARPUTIH DESA PENDEM KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU

Authors

  • Khojanah Hasan Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyagama Malang
  • Ana Sopanah Supriyadi Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyagama Malang
  • Dwi Anggarani Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyagama Malang
  • Adya Hermawati Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyagama Malang
  • Ahmad Fairuzabadi Program Studi S1 Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyagama Malang

Abstract

Kerupuk singkong merupakan salah satu camilan olahan singkong yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan camilan singkong lainnya. Camilan ini cukup diminati oleh masyarakat yang tersebar di beberapa kota. Hal ini menunjukkan bahwa kerupuk singkong memiliki potensi untuk menjadi salah satu camilan yang layak dikenal lebih luas lagi. Nusantara Putra adalah salah satu usaha mikro kecil menengah yang telah memproduksi kerupuk singkong cukup lama, yang berada di dusun Sekarputih Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu. Namun selama ini, konsumen UMKM ini memiliki perkembangan yang stagnan atau kurang signifikan. Pelanggan kerupuk singkong Nusantara putra terbatas pada pelanggan tetap yang telah berlangganan lama. Hal ini disebabkan oleh kurang masifnya  gaung publikasi dan promosi produk ini di kalangan masyarakat. Dengan perkembangan adanya teknologi informasi terkini, seharusnya memudahkan siapa saja untuk mengenalkan produk yang dimiliki kepada pasar yang lebih luas tanpa terbatasi oleh tempat dan waktu. Maka perlu dilakukan sosialisasi dan penyuluhan mengenai pentingnya   metode pemasaran digital dan dampaknya terhadap cakupan pasar yang dijaring. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan dan sosialisasi langsung kepada para pengelola usaha tentang urgensi pemasaran digital dan bagaimana cara memulainya.

References

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.†JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Ikhsana, P. D., Prisanto, G. F., & Anggraini, R. (2019). “Penerapan Strategi E-Marketing Communication Dan Ekuitas Merek Siaranku.Com Terhadap Loyalitas Viewers.†Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 58. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.217& Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Admin. (2021). Data Perkembangan Digital di Indonesia Tahun 2021. Tersedia pada : https://www.iimers.com/data-perkembangan-digital-di-indonesia-tahun-2021/ ï›17 Agustus 2023ï

Rakyat, M. P., & Indonesia, R. (1998). Majelis permusyawaratan rakyat republik indonesia. 91–98.

Indonesia, P. R. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 (Issue 1).

Downloads

Published

2023-08-18

Issue

Section

Articles