ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS KENDARAAN BERMOTOR DI WILAYAH KOTA MALANG
Abstract
Penurunan kualitas lingkungan yang terabaikan dari perhatian masya-rakat adalah berupa kebisingan yang ditimbulkan oleh kendaraan ber-motor di jalan raya. Padahal paparan kebisingan yang melebihi ambang baku mutu yang diizinkan oleh pemerintah berpotensi mengganggu kesehatan fisiologis maupun psikologis. Penelitian yang dilakukan di wilayah Kota Malang ini bertujuan mengukur tingkat kebisingan lalu lintas di sekitar jalan raya. Pengukuran dilakukan di luar dan di dalam rumah sampel penduduk yang tinggal di sekitar ruas jalan yang menjadi target penelitian. Pengambilan data dilakukan pada rentang waktu antara pukul 16.00 hingga 21.00, di mana pada saat itu lalu lintas jalan raya sedang padat dan penduduk sudah berada di rumah. Analisis dilakukan dengan statistika deskriptif dan analisis ragam. Untuk menilai perbedaan tingkat kebisingan di dalam dan di luar rumah pada masing-masing fungsi jalan, dilakukan dengan analisi ragam. Hasil yang didapatkan menunjukkan, bahwa baik di dalam mapun di luar rumah pada masing-masing fungsi jalan tidak ada perbedaan yang signifikan, yaitu melebihi ambang baku mutu yang diizinkan. Kendati tingkat kebisingan di dalam rumah masih bisa dikurangi, tetapi faktanya kebisingan tetap berada di atas ambang batas atau lebih dari baku mutu untuk permukiman sebesar 55 dB.References
[Masri, R.M., Sitorus, S.R.P., Mudikdjo, K., Prasetyo, L.B., Hardjomidjojo, H., 2008. Kajian Perubahan Tingkat Pelayanan Jalan dan Kualitas Udara di Zona Tidak Sesuai untuk Perumahan. J. Permukim. 3, 115–128. https://doi.org/10.31815/jp.2008.3.115-128.
Rosidah, R., 2004. Studi Kejadian Hipertensi Akibat Bising pada Wanita yang Tinggal di Sekitar Lintasan Kereta Api di Kota Semarang Tahun 2004 (Tesis). PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO. https://doi.org/10/1/2004MKL3810.pdf
[Ikron, Djaja, I.M., Wulandari, R.A., 2007. Pengaruh Kebisingan Lalulintas Jalan terhadap Gangguan Kesehatan Psikologis Anak SDN Cipinang Muara Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Propinsi DKI Jakarta, 2005. J. Makara Kesehat. 11, 32–37.
Amalia, AV. dkk. (2022). Analisis Kebisingan Lalu Lintas (Studi Kasus Pengukuran Jalan Raya Semarang-Surakarta dan Jalan Raya Ungaran-Bandung. Proceeding Seminar Nasional IPA XII “PISA melalui Sains Masa Depan untuk Generasi Berwawasan Lingkungan.” 273_PDFsam_PROCEEDING+SEMNAS+IPA+XII+amalia.pdf
Basri, M., Lakawa, I. dan Suliman, S. (2020). Pengaruh Kebisingan Lalu Lintas Terhadap Ketergangguan Pegawai Kantor BKD Provinsi Sulawesi Tenggara. Sultra Civil Engineering Journal (SCiEJ), Vol. 1, No. 1 (2020). https://doi.org/10.54297/sciej.v1i1.51
Halil, A., Yanis, A. dan Noer, M. (2015). Pengaruh Kebisingan Lalu Lintas terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMPN 1 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, Vol. 4, No. 1 (2015). https://www.researchgate.net/publication/339701731_Pengaruh_Kebisingan_Lalulintas_terhadap_Konsentrasi_Belajar_Siswa_SMP_N_1_Padang
Mishra, R.K., Parida, M., Rangnekar, S., 2010. Evaluation and analysis of traffic noise along bus rapid transit system corridor. Int. J. Environ. Sci. Technol. 7, 737–750. https: //doi.org/ 10.1007/BF03326183.
Alesheikh, A.A., Omidvari, M., 2010. Application of GIS in Urban Traffic Noise Pollution. Int. J. Occup. Hyg. 2, 79–84.
Pryandana, D., 2000. Penanganan kebisingan lalu lintas di jalan perkotaan: studi kasus kota Bandung. Tesis S2.
Zhafirah, A. dan Siddiq, MYZ. (2023). Cimanuk Traffic Noise Analysis, Garut Regency. Jurnal Teknik Sipil, Vol. 19, No. 1 (2023). https://doi.org/10.28932/jts.v19i1.5326
Wardika, IK., Suparsa, IGP. dan Wedagama, DMP. (2012). Anlisis Kebisingan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Arteri (Studi Kasus Jalan Prof. Dr. IB. Mantra pada KM 15 s/d KM 16). Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, Vol. 1, No. 1 (2012). https: //ojs. unud.ac.id/index.php/jieits/article/view/4400
Wahyuni, S., Yustiani, YM. dan Juliandahri, A. (2018). Analisis Tingkat Kebisingan Lalu Lintas di Jalan Cihampelas dan Jalan Sukajadi Kota Bandung. Journal of Community Based Environmental Engineering and Management, Vol. 2, No. 1 (2018). https: //doi.org/ 10.23969/jcbeem.v2i1.1451
Ali, MM. dan Majid, D. (2023). Analisis dan Uji Korelasi Tingkat Kebisingan Lalu Lintas: Ruas Jalan Bundaran Waru Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Teknologi Harapan (JITEKH), Vol. 11, No. 2 (2023). https://doi.org/10.35447/jitekh.v11i2.803
Anindya, AR., Maryunani, WP. dan Amin, M. (2021). Analisis Pengaruh Kecepatan dan Volume Kendaraan Terhadap Kebisingan di Suatu Kawasan. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil, Vol. 2, No. 1 (2021). https://doi.org/10.31002/.v1i1.2221
Fariz, TR. (2022). Pemetaan Kebisingan Lalu Lintas di Perkotaan – Sebuah Tinjauan. Envirotek: Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, Vol. 14, No. 2 (2022). https: //www. researchgate.net/publication/365043051_Pemetaan_Kebisingan_Lalu_Lintas_di_Perkotaan_-_Sebuah_Tinjauan
Gay, L.R., Diehl, P.L., 1992. Research Methods for Business and Management. MacMillan Publishing Company, New York.
Pudjowati, U.R., 2013. Pemodelan Peredam Kebisingan dengan Menggunakan Vegetasi di Jalan Tol Waru-Sidoarjo. J. Tek. Sipil 113–121.
Tjahjono, N., Nugroho, I., 2018. Tanaman Hias sebagai Peredam Kebisingan. Conf. Innov. Appl. Sci. Technol. CIASTECH 1, 703–710.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Prosidia Widya Saintek

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.