PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI KEGIATAN SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DAN PENGELOLAAN AKUN MEDIA SOSIAL UMKM “ECHO POLL”

Authors

  • Arief Rizki Fadhillah Program Studi S1 Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Dadang Hermawan Program Studi S1 Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Mufidatul Ma'sumah Program Studi S1 Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Widyagama Malang
  • Arie Restu Wardhani Program Studi S1 Teknik Industri, Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Andy Hardianto Program Studi S1 Teknik Industri, Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Rosiawan Baihaqi Program Studi S1 Teknik Mesin, Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Afifah Nur Hasanah Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyagama Malang
  • Rully Dyah Syafitri Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyagama Malang

Abstract

Menurut Undang-Undang No. 20 tahun 2008, UMKM didefinisikan sebagai Usaha produktif milik orang perorang dan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro, memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah). Salah satu UMKM yang memproduksi makanan ringan adalah Echo Poll, sebuah UMKM dari desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. UKM ini dirintis 2 oleh ibu Tiara yang didirikan sejak tahun 2017. UMKM Echo Poll ini telah memanfaatkan beberapa media social dalam proses pemasaran, berupa Instagram dan juga whatsaap, akan tetapi masih terdapat masalah dalam pengelolaan akun Instagram, yaitu kurang aktifnya dalam memasarkan produk. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam digital marketing dan sosial media. Metode yang dilakukan dalam program kerja ini ialah memberikan penyuluhan, pelatihan, diskusi, dan evaluasi. Hasil dari evaluasi kegiatan ini menunjukkan bahwa karyawan UMKM Echo Poll dapat memahami, dan membuat akun media sosial untuk pemasaran. Dengan hal ini, UMKM Echo Poll menjadi lebih mudah untuk melakukan pemasaran secara digital sehingga membuat jangkauan usahanya lebih luas dan penjualan semakin meningkat.

References

A. Halim, “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju,†GROWTH J. Ilm. Ekon. Pembang., vol. 1, no. 2, pp. 157–172, 2020, [Online]. Available: https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

A. R. Wardhani et al., “PENINGKATAN KAPASITAS PROSES PRODUKSI UKM KERIPIK Wilayah Kelurahan Purwantoro berada di Kecamatan Blimbing Kota Malang yang,†J. Apl. Dan Inov. Ipteks SOLIDITAS, vol. 5, no. 1, pp. 175–180, 2022.

D. Hermawan, A. Hardianto, and A. R. Fadhillah, “Perbaikan Kemasan Kerupuk Singkong (Samiler) di UKM Karya Lestari Jaya Tulungagung,†JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 4, no. 1, p. 9, 2020, doi: 10.33366/jast.v4i1.1473.

D. Hernikawati, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kota Palembang,†Komun. Massa, vol. 3, no. 1, pp. 9–17, 2022.

A. R. Wardhani, P. Suwandono, S. Silviana, and A. R. Fadhillah, “Analisis kelayakan bisnis pada UKM Kripik Pisang Ramesta di Tulungagung,†JMM - J. Masy. Merdeka, vol. 2, no. 1, pp. 32–36, 2019, doi: 10.51213/jmm.v2i1.15.

F. Mulyasari, “Pemberdayaan Produk UMKM Melalui Kerjasama Dengan Transmart Rungkut Sebagai Upaya Perluasan Pangsa Pasar,†J. Kabar Masy., vol. 1, no. 3, pp. 120–125, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.54066/jkb.v1i3.562

Downloads

Published

2024-02-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)