APLIKASI TEKNOLOGI APC PADA SEPEDA MOTOR RODA TIGA ANGKUTAN BARANG

Authors

  • Mohamad Cakrawala Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Aji Suraji Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Abdul Halim Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Dafid Irawan Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Riman Riman Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang

Abstract

Tujuan dalam telaah tentang aplikasi alat pemantul cahaya (APC) pada sepeda motor roda tiga angkutan barang ini adalah untuk mengetahui bagaimana manfaat dari penerapan APC. Analisis situasi serta permasalahan yang terdapat pada sepeda motor angkutan barang adalah pengendara tidak dapat melihat secara jelas baik ke samping maupun ke belakang. Kondisi tersebut akan dapat menimbulkan risiko kecelakaan lalu lintas jalan raya. Hal ini dikarenakan pandangan pengendara terhalang oleh dimensi gerobag yang ada di belakang. Metode Aplikasi APC diterapkan pada bagian gerobag angkutan barang pada bagian belakang bak dan bagian sisi kiri dan kanan. Hasil dari aplikasi APC pada sepeda motor roda tiga angkutan barang adalah mampu memberikan peningkatan kesan mencolok pada kendaraan yang bersangkutan sehingga pengemudi yang ada di belakangnya dapat lebih perhatian terhadap keberadaan kendaraan yang ada di depan. Selain itu keberadaan APC juga mampu memberikan perhatian yang lebih ini akan memberikan efek antisipasi bagi kendaraan yang ada di belakangnya apabila dalam kondisi tidak sengaja terjadi manuver risiko kecelakaan.

References

A. Afif Mauludi, Z. Djunaidi, and L. Saiful Arif, “Perilaku Berisiko Sebagai Faktor Penyebab Kecelakaan Pada Pengemudi Sepeda Motor Komersial: Systematic Review,†J. Keselam. Transp. Jalan (Indonesian J. Road Safety), vol. 8, no. 1, 2021, doi: 10.46447/ktj.v8i1.307.

J. Nunung Widyaningsih, “Penentu Perilaku Keselamatan Pengendara Sepeda Motor dengan Pendekatan Strcutural Equation Modeling,†J. Penelit. Transp. Darat, vol. 24, no. 1, 2022, doi: 10.25104/jptd.v24i1.2096.

A. K. Zaini and I. Ariska, “Motorcycle Behavior and Traffic Safety (Case of Ujung Batu District, Rokan Hulu Regency) Riau Province,†Asian J. Mechatronics Electr. Eng., vol. 1, no. 1, 2022.

F. M. Amalia and M. I. Nurmansyah, “Perilaku Berisiko dalam Berkendara dan Kejadian Kecelakaan Sepeda Motor pada Mahasiswa,†Wind. Heal. J. Kesehat., 2020, doi: 10.33368/woh.v0i0.374.

N. D. Jefri, A. Maryani, and H. Iridiastadi, “Kajian Perilaku Berisiko Pengendara Sepeda Motor di Indonesia,†J. PASTI (Penelitian dan Apl. Sist. dan Tek. Ind., vol. 17, no. 1, 2023, doi: 10.22441/pasti.2023.v17i1.003.

D. Farooq and J. Juhasz, “Simulation analysis of contributing factors to rider visibility issues for car-motorcycle accidents,†Period. Polytech. Transp. Eng., vol. 48, no. 3, 2020, doi: 10.3311/PPTR.13521.

I. K. A. Atmika and I. G. A. K. Suriadi, “Kinerja Traksi Sepeda Motor Roda Tiga Pada Berbagai Kondisi Jalan dan Muatan,†J. METTEK, vol. 7, no. 2, 2021, doi: 10.24843/mettek.2021.v07.i02.p03.

B. Kristyanto, “Perancangan Sepeda Motor Roda Tiga Untuk Kaum Difabel Daksa,†Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu Unisbank, 2016.

I. Jannah and W. Aulia, “Identifikasi Sub Faktor Manusia dalam Pertimbangan Desain Angkutan Barang Menggunakan Sepeda Motor Penumpang,†J. Desain Indones., 2022, doi: 10.52265/jdi.v4i2.181.

J. M. Díez-Navarro et al., “High-power motorcycle accidents in Spain: a descriptive study,†Eur. J. Trauma Emerg. Surg., vol. 50, no. 2, 2024, doi: 10.1007/s00068-023-02363-0.

K. Santos, B. Firme, J. P. Dias, and C. Amado, “Analysis of Motorcycle Accident Injury Severity and Performance Comparison of Machine Learning Algorithms,†Transp. Res. Rec., vol. 2678, no. 1, 2024, doi: 10.1177/03611981231172507.

A. A. Rusman, L. N. Aflah, and A. A. Kusuma, “Description of injury to the victim of motorcycle traffic accident,†ACTA Med. Heal. Sci., no. Volume 1 No 2, 2022, doi: 10.35990/amhs.v1n2.p97-104.

M. A. Zamal and G. B. Pratama, “Optimasi Logistik dan Faktor Keselamatan untuk Operasi Angkutan Barang berbasis Sepeda Motor: Kajian Pustaka,†J. Ergon. dan K3, vol. 6, no. 1, 2021.

Peraturan_Dirjen_Hubdat_No:_SK.5311/AJ.410/DRJD/2018, Pedoman Teknis Alat Pemantul Cahaya Tambahan pada Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan, dan Kereta Tempelan. 2018, p. 38.

M Cakrawala; Aji Suraji, Studi Karaktersitik Operasional Becak Bermotor (Bentor) di Gorontalo. Malang: Universitas Widyagama Malang, 2007.

A. Suraji et al., “Effects of Overloading Commercial Vehicles on Road Design Life,†in 4th International Conference on Green Civil and Environmental Engineering (GCEE 2023), 2024, pp. 1–8, doi: https://doi.org/10.1063/5.0204886.

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>