PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PILIHAN BAKSO BERMEREK DI MALANG, “ONLINE MARKETPLACE†DAN FAKTOR YANG MENDASARI
Abstract
Bakso berasal dari budaya masyarakat Tionghoa yang menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia, khususnya di Malang. Selain bisa menikmati bakso di warung tersebut, pelanggan juga bisa menikmati bakso di tempat lain dengan memesannya melalui online marketplace. Terdapat sejumlah online marketplace yang marak dikunjungi pelanggan serta digunakan untuk kanal penjualan bagi pengusaha kuliner. Tujuan dari artikel ini adalah membahas faktor-faktor yang mendorong ataupun mengurangi minat pelanggan membeli bakso serta aplikasi yang banyak digunakan untuk melakukan pesanan secara online. Metode yang digunakan adalah melakukan survei online terhadap sejumlah responden yang berlokasi di Malang raya. Survei online telah dilakukan dengan melibatkan 50 responden. Hasil survei menunjukkan mayoritas (90%) pelanggan bakso berusia 16 – 30 tahun, yang merupakan Generasi Milenial dan Z yang familiar dengan teknologi digital. Mayoritas pengguna memilih GrabFood (44%) yang menekankan penerapan protokol kesehatan, relevan dengan berlangsungnya pandemi COVID-19 saat dilaksanakan survei. Responden memilih bakso karena faktor kedekatan jarak ke lokasi warung, varian produk, rasa enak, harga terjangkau, higienis dan halal. Adanya aplikasi seperti GrabFood, GoFood dan ShopeeFood bisa merepresentasikan preferensi pelanggan terhadap lokasi warung yang terjangkau. Dipilihnya bakso merek ternama karena varian produk, rasa konsisten, higienis dan halal, meski dinilai harganya mahal, antrian lama serta ada kandungan bahan yang dihindari.References
A. Tumpuan, “Peranan Aplikasi Go Food Terhadap Perkembangan Bisnis Kuliner,†Tour. J. Travel. Hosp. Cult. Destin. MICE, vol. 3, no. 1, pp. 26–30, 2020, doi: https://doi.org/10.32511/tourism.v3i1.651.
I. D. P. Prabowo, T. Lestariningsih, and D. P. Mau, “Kuliner Lokal sebagai Daya Tarik Kota Malang,†J. Ind. Pariwisata, vol. 6, no. 2, pp. 143–146, 2024, doi: 10.36441/pariwisata.v6i2.1476.
A. Rahmawati, “Kata Serapan Makanan dan Minuman dari Bahasa Cina,†Paradig. J. Kaji. Budaya, vol. 2, no. 2, 2012, doi: https://doi.org/10.17510/paradigma.v2i2.24.
R. R. Mariana, L. Hidayati, and S. Sukopitojo, “Consumer Preferences on ‘Bakso Malang’ - Indonesia,†in Proceedings of the 1st International Conference on Social, Applied Science and Technology in Home Economics (ICONHOMECS 2017), Atlantis Press, 2017, pp. 201–206. doi: https://doi.org/10.2991/iconhomecs-17.2018.47.
Hellen Malinda, “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis UKM Guna Meningkatkan Pendapatan Karyawan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Usaha Bakso Ikan Cahaya Bahari Desa Linggar Jati Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan),†Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung, 2017. [Online]. Available: http://repository.radenintan.ac.id/2260/
Badan Pusat Statistik Kota Malang, “Jumlah Wisatawan Domestik di Kota Malang (Orang), 2018-2020.†Accessed: Jul. 21, 2024. [Online]. Available: https://malangkota.bps.go.id/indicator/16/157/2/jumlah-wisatawan-domestik-di-kota-malang.html
W. Hadiwardoyo, “Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19,†Baskara J. Bus. Entrep., vol. 2, no. 2, pp. 83–92, 2020, doi: https://doi.org/10.54268/baskara.v2i2.6207.
P. M. Malonda, S. Moniharapon, and Sjendry S.R. Loindong, “Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada Rumah Makan Bakso Baper Jogja,†J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 3, pp. 3827–3836, 2019, doi: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24882.
R. A. Azdy and F. Darnis, “Pemanfaatan dan Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pengolahan Data Industri Kuliner ‘Rosa Cake,’†APTEKMAS, vol. 2, no. 3, pp. 45–49, 2019, doi: https://doi.org/10.36257/apts.v2i3.1844.
H. Hana, “Analisis Strategi Pemasaran menggunakan GrabFood dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Warung Makan di Kota Mataram),†Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Mataram, 2019. [Online]. Available: https://etheses.uinmataram.ac.id/58/1/Hayatul Ana 1502131625.pdf
Grab, “Privacy Notice | Grab ID.†Accessed: Feb. 14, 2022. [Online]. Available: https://www.grab.com
T. Culpan, “Grab Is Looking Heavier by the Day. Thanks Toyota - BNN Bloomberg.†Accessed: Feb. 17, 2022. [Online]. Available: https://www.bnnbloomberg.ca
E. Nurvitasari and R. Dwijayanti, “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Grab (Studi pada Pengguna Aplikasi Grab Fitur Grabfood),†J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 10, no. 1, 2022, doi: https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1472-1481.
R. D. Hermawati, I. N. S. Wijaya, and E. B. Kurniawan, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Generasi Y dan Z dalam Memilih Perumahan di Kota Kediri,†Plan. Urban Reg. Environ., vol. 10, no. 4, pp. 161–168, 2021, [Online]. Available: https://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/download/92/62&ved=2ahUKEwjt6fbKtrOHAxXRwjgGHQLDFKwQFnoECB8QAQ&usg=AOvVaw0JeubFOKaWPZKD3SIQyWkD
F. L. Octaviani and E. R. Cahyadi, “PERSAINGAN PLATFORM DIGITAL LAYANAN PESAN-ANTAR MAKANAN DI PROVINSI DKI JAKARTA,†J. Apl. Manaj. dan Bisnis, vol. 8, no. 3, pp. 973–984, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.17358/jabm.8.3.973.
Presiden RI, Kep.Pres No. 17 2023 tentang Penetapan Berakhirnya Status Pandemi Corona Virus Disease 2019 di Indonesia. Republik Indonesia, 2023. [Online]. Available: https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/177014/Salinan_Keppres_Nomor_17_Tahun_2023.pdf