PEMANTAUAN ENERGI DAN PENGIRIMAN DATA KINERJA TRANSFORMATOR MENGGUNAKAN WEB

Galuh Permata, Sabar Setiawidayat, Fachrudin Hunaini

Abstract

Kinerja tranformator daya dapat dipengaruhi oleh Total Harmonic Distortion (THD) I dalam hal ini adalah arus harmonisa, suhu dan ketidakseimbangan arus. Kinerja yang dimaksud adalah dapat mengurangi kapasitas daya transformator dan umur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja transformator berbasis Energy Monitoring  Dan  Data Transmitter (EMT) menggunakan web. Berdasarkan hasil pengukuran di lapangan, di ketahui bahwa transformator pada Gardu Tiang Transformator (GTT) KF084 melebihi pembebanan yang dianjurkan. Hasil analisis membuktikan bahwa semakin besar nilai THD arus maka akan semakin besar penurunan kapasitas daya transformator. Kenaikan suhu tidak mempengaruhi besarnya load losses transformator, dan ketidakseimbangan beban diikuti oleh kenaikan arus netral pada pada tranformator.

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF view : 136 times

Full Text:

PDF

References

G. A. Sari, M. Dhofir, and U. Wibawa, “Analisis Kinerja Transformator Daya Dengan Metode Markov,” J. Mhs. TEUB, vol. 4, no. 3, 2016.

“IEEE Recommended Practice for Emergency and Standby Power Systems for Industrial and Commercial Applications,” IEEE.

J. Sentosa Setiadji, T. Machmudsyah, and Y. Isnanto, “Pengaruh Ketidakseimbangan Beban Terhadap Arus Netral dan Losses pada Trafo Distribusi,” J. Tek. Elektro, vol. 7, no. 2, Jan. 2008.

I. Jayanti, “Analisis Pengaruh Harmonisa Terhadap Penurunan Kapasitas Transformator 3 Fasa Pt Ajinomoto Mojokerto Factory,” Sarjana, Universitas Brawijaya, 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.