Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Simulasi Uji Penetrasi Sistem Keamanan Jaringan
DOI:
https://doi.org/10.31328/jointecs.v4i1.1000Keywords:
Virtualisas, , Virtual Server, ISSAF, Uji Penetrasi, Vmware WorkstationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah laboratorium berbasis virtualisasi untuk simulasi uji penetrasi dan membandingkan tingkat performa antara server fisik dan server virtual. Tipe Pengembangan laboratorium virtual menggunakan hypervisor Vmware Wokstation. Pengujian simulasi Penetrasi menggunakan pedoman Information System Security Assessment Framework (ISSAF) sedangkan Tools yang digunakan untuk pengujian simulasi penetrasi menggunakan tools yang disediakan pada Kali Linux. Penelitian ini menunjukan jika tahapan-tahapan pengujian penetrasi dapat dilakukan pada lingkungan virtual. Berdasarkan hasil pengujian tingkat performa menunjukkan perbandingan tingkat respon time kedua server cukup signifikan sedangkan untuk throughput server fisik 10 kali lebih cepat dibandingkan server virtual. Perbandingan peningkatan CPU pada kedua server juga cukup signifikan berbanding terbalik dengan Perbandingan penggunaan memory pada server virtual 2 kali lebih besar dari server fisik.References
Pirmansyah, "Analisis Persepsi Auditor Sistem Informasi mengenai Pencegahan atas Tindakan Cybercrime.
Moon,J. A Handbook of Reflective and Experiential Learning:Theory and practice.London:Routledge Falmer.pp.126.2004
Wolf. Tilman, "Assessing Sudent Learning in Virtual Laboratory Environment. IEEE Transcalation on Education", Vol. 53, No.2, pp. 216-221, 2010.
Bulbrook. Harry, "Using Virtual Machine to provide a secure Teaching Lab environmnet,". 2009.
Arjun, CV 2017, 'Penetration testing: Vulnerability analysis in a virtual environment' Journal of Engineering and Applied Sciences, vol. 12, no. Specialissue9, pp. 8723-8729. DOI: 10.3923/jeasci.2017.8723.8729
Trabelsi Z. and McCoey M., “Ethical hacking in information security curricula,†International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), Vol. 12, Issue 1, pp. 1-10, 2016.
Ankita Gupta, Kavita, kirandeep Kaur.“Vulnerability Assessment and Penetration testingâ€. Computer Science Department, PEC University of Technology, India *Electronics and Electrical Communication Depertement, PEC University of Technology, India IJETT Vol 4 Issue3 -2013
S. Christoper, Z. Janusz, Penetration testing in a Virtual Environment. CNT 4104 Fall Networks, 2011
Li, C. (2015). Penetration testing curriculum development in practice. Journal of Information Technology Education: Innovations in Practice, 14, 85-99. Retrieved from http://www.jite.org/documents/Vol14/JITEv14IIPp085-
Li1014.pdf
Bulbrook.H, “Using Virtual Machine to provides a secure Teaching Lab Environment.â€
Hutagalung. R. H, Nugroho. L. E and Hidayat. R, "Analisis Uji Penetrasi Menggunakan ISSAF", ISSN : 2338 - 0276, 2017.
T. Edition, Top-Down Network Design. .
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa JOINTECS (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMPUTER SCIENCE) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada JOINTECS (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMPUTER SCIENCE);
Lisensi :
JOINTECS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
This work is Under licensed
Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)