Analisis Jejaring Sosial Tokoh Publik Menggunakan Metode GrapML
DOI:
https://doi.org/10.31328/jointecs.v4i3.1208Keywords:
Social Network Analysis, GraphML, Centrality Measure, TwitterAbstract
Social Network Analysis (SNA) merupakan suatu cabang ilmu komputer yang menganalisis fenomena atau pola hubungan pada suatu jejaring sosial. Pada penelitian ini Twitter merupakan salah satu media jejaring sosial yang akan digunakan sebagai objek penelitian dikarenakan jumlah pengguna aktif setiap bulan yang mencapai 330 juta lebih serta dengan akses informasi yang tak terbatas. Selanjutnya metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode GraphML dan perhitungan algoritma pendekatan sentralistas (Centrality Measure). Dimana dengan metode GraphML ini mampu memvisualisasikan hubungan jejaring sosial individu dengan individu lain kedalam bentuk grafik dan mampu digunakan untuk menentukan bobot ikatan indvidu terhadap individu lain atau seberapa kuat hubungan individu tersebut terjalin. Dalam analisis ini diperoleh hasil berupa diagram derajat sentralitas dengan aktor yang paling dominan yakni aktor 5 dengan jumlah ikatan sebanyak 54, aktor 12 dengan jumlah ikatan sebanyak 68, aktor 12 dengan jumlah ikatan sebanyak 30 dan pada diagram pagerank aktor paling dominan di tunjukkan oleh aktor 72, 128, 129, 130, 131, 132, 133.References
A. Clifton and G. D. Webster, “An Introduction to Social Network Analysis for Personality and Social Psychologists,†Soc. Psychol. Personal. Sci., vol. 8, no. 4, pp. 442–453, 2017.
N. Rosli et al., “VISUALIZATION AND CENTRALITY MEASUREMENT OF SOCIAL NETWORK ANALYSIS,†J. Teknol. Univ. Malaysia, vol. 1, pp. 1–6, 2015.
E. B. Santoso and A. Nugroho, “Analisis Sentimen Calon Presiden Indonesia 2019 Berdasarkan Komentar Publik Di Facebook,†Eksplora Inform., vol. 9, no. 1, pp. 60–69, 2019.
I. Twitter, “Pertanyaan Umum pengguna baru,†2019. [Online]. Available: https://help.twitter.com/id/new-user-faq. [Accessed: 10-Sep-2019].
U. Hasan, “Publik Figure - Kompasiana.com.†[Online]. Available: https://www.kompasiana.com/234/550a64f2813311e178b1e193/publik-figure. [Accessed: 05-Nov-2019].
“Profil | Gus Nadirsyah Hosen.†[Online]. Available: https://nadirhosen.net/profil. [Accessed: 30-Oct-2019].
H. Yansyah, “Mengenal Prof. Nadirsyah Hosen, Kiai NU yang Juga Dosen Tetap Universitas Monash, Australia Halaman 1 - Kompasiana.com.†[Online]. Available: https://www.kompasiana.com/omnduut/5ceb6b0a6b07c53f0c3ea875/mengenal-prof-. [Accessed: 05-Nov-2019].
M. Fikrie, “Nadirsyah Hosen, kisah santri menaklukkan Barat.†[Online]. Available: https://beritagar.id/artikel/figur/nadirsyah-hosen-kisah-santri-menaklukkan-barat. [Accessed: 05-Nov-2019].
G. Boeing, “OSMnx: New methods for acquiring, constructing, analyzing, and visualizing complex street networks,†Comput. Environ. Urban Syst., vol. 65, pp. 126–139, 2017.
J. Eka Sembodo, E. Budi Setiawan, and Z. Abdurahman Baizal, “Data Crawling Otomatis pada Twitter,†in Indosc 2016, 2016, no. October 2018, pp. 11–16.
A. Halim et al., “PERANCANGAN APLIKASI WEB CRAWLER UNTUK MENGHASILKAN DOKUMEN TEKS PADA DOMAIN,†J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 2–5, 2017.
E. Zusrony, H. D. Purnomo, and S. Y. J. Prasetyo, “Analisis Pemetaan Jaringan Komunikasi Karyawan Menggunakan Social Network Analysis pada Perusahaan Multifinance,†INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, p. 145, 2019.
M. J. Kim, H. Ahn, and M. Park, “A GraphML-based visualization framework for workflow-performers’ closeness centrality measurements,†KSII Trans. Internet Inf. Syst., vol. 9, no. 8, pp. 3216–3230, 2015.
A. I. Sugiarta, D. Syamsuar, and E. S. Negara, “Analisis Sentralitas Aktor pada Struktur Jaringan Politik dengan Menggunakan Metode Social Network Analysis ( SNA ) : Studi Kasus Group Facebook Lembaga Survei Sosial Media,†in SEMNASTIK, 2018, pp. 1–7.
M. Thangaraj and S. Amutha, “Mgephi : Modified Gephi for Effective Social Network Analysis,†Int. J. Sci. Res. Comput. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 39–50, 2018.
M. K. A. Bratawisnu Andry, “Social Network Analysis Untuk Analisa Interaksi User Dimedia Sosial Mengenai Bisnis E-Commerce (Studi Kasus: Lazada, Tokopedia Dan Elevenia),†Almana J. Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. Vol 2 No 2 (2018): Vol. 2 No.2/ Agustus 2018, pp. 107–115, 2018.
R. Zafarani, M. A. Abbasi, and H. Liu, Social Media Mining: Graph Essentials. New York, USA: CAMBRIDGE UNIVERSITY, 2014.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa JOINTECS (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMPUTER SCIENCE) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada JOINTECS (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMPUTER SCIENCE);
Lisensi :
JOINTECS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
This work is Under licensed
Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)