Analisis Jejaring Sosial Tokoh Publik Menggunakan Metode GrapML

Authors

  • Arief Kurniawan Universitas Narotama Surabaya, Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer
  • Aryo Nugroho Universitas Narotama Surabaya
  • Moh Noor Al Azam Universitas Narotama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31328/jointecs.v4i3.1208

Keywords:

Social Network Analysis, GraphML, Centrality Measure, Twitter

Abstract

Social Network Analysis (SNA) merupakan suatu cabang ilmu komputer yang menganalisis fenomena atau pola hubungan pada suatu  jejaring sosial. Pada penelitian ini Twitter merupakan salah satu media jejaring sosial yang akan digunakan sebagai objek penelitian dikarenakan jumlah pengguna aktif setiap bulan yang mencapai 330 juta lebih serta dengan akses informasi yang tak terbatas. Selanjutnya metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode GraphML dan perhitungan algoritma pendekatan sentralistas (Centrality Measure). Dimana dengan metode GraphML ini mampu memvisualisasikan hubungan jejaring sosial individu dengan individu lain kedalam bentuk grafik dan mampu digunakan untuk menentukan bobot ikatan indvidu terhadap individu lain atau seberapa kuat hubungan individu tersebut terjalin.  Dalam analisis ini diperoleh hasil berupa diagram derajat sentralitas dengan aktor yang paling dominan yakni aktor 5 dengan jumlah ikatan sebanyak 54, aktor 12 dengan jumlah ikatan sebanyak 68, aktor 12 dengan jumlah ikatan sebanyak 30 dan pada diagram pagerank aktor paling dominan di tunjukkan oleh aktor 72, 128, 129, 130, 131, 132, 133.

Author Biographies

Arief Kurniawan, Universitas Narotama Surabaya, Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer

Saya Arief Kurniawan lahir di Malang tanggal 25 Juli 1995. Saya merupakan mahasiswa aktif di Universitas Narotama, Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer angkatan tahun 2015

Aryo Nugroho, Universitas Narotama Surabaya

Program Studi Sistem Informasi

Moh Noor Al Azam, Universitas Narotama Surabaya

Program Studi Sistem Informasi

References

A. Clifton and G. D. Webster, “An Introduction to Social Network Analysis for Personality and Social Psychologists,†Soc. Psychol. Personal. Sci., vol. 8, no. 4, pp. 442–453, 2017.

N. Rosli et al., “VISUALIZATION AND CENTRALITY MEASUREMENT OF SOCIAL NETWORK ANALYSIS,†J. Teknol. Univ. Malaysia, vol. 1, pp. 1–6, 2015.

E. B. Santoso and A. Nugroho, “Analisis Sentimen Calon Presiden Indonesia 2019 Berdasarkan Komentar Publik Di Facebook,†Eksplora Inform., vol. 9, no. 1, pp. 60–69, 2019.

I. Twitter, “Pertanyaan Umum pengguna baru,†2019. [Online]. Available: https://help.twitter.com/id/new-user-faq. [Accessed: 10-Sep-2019].

U. Hasan, “Publik Figure - Kompasiana.com.†[Online]. Available: https://www.kompasiana.com/234/550a64f2813311e178b1e193/publik-figure. [Accessed: 05-Nov-2019].

“Profil | Gus Nadirsyah Hosen.†[Online]. Available: https://nadirhosen.net/profil. [Accessed: 30-Oct-2019].

H. Yansyah, “Mengenal Prof. Nadirsyah Hosen, Kiai NU yang Juga Dosen Tetap Universitas Monash, Australia Halaman 1 - Kompasiana.com.†[Online]. Available: https://www.kompasiana.com/omnduut/5ceb6b0a6b07c53f0c3ea875/mengenal-prof-. [Accessed: 05-Nov-2019].

M. Fikrie, “Nadirsyah Hosen, kisah santri menaklukkan Barat.†[Online]. Available: https://beritagar.id/artikel/figur/nadirsyah-hosen-kisah-santri-menaklukkan-barat. [Accessed: 05-Nov-2019].

G. Boeing, “OSMnx: New methods for acquiring, constructing, analyzing, and visualizing complex street networks,†Comput. Environ. Urban Syst., vol. 65, pp. 126–139, 2017.

J. Eka Sembodo, E. Budi Setiawan, and Z. Abdurahman Baizal, “Data Crawling Otomatis pada Twitter,†in Indosc 2016, 2016, no. October 2018, pp. 11–16.

A. Halim et al., “PERANCANGAN APLIKASI WEB CRAWLER UNTUK MENGHASILKAN DOKUMEN TEKS PADA DOMAIN,†J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 2–5, 2017.

E. Zusrony, H. D. Purnomo, and S. Y. J. Prasetyo, “Analisis Pemetaan Jaringan Komunikasi Karyawan Menggunakan Social Network Analysis pada Perusahaan Multifinance,†INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, p. 145, 2019.

M. J. Kim, H. Ahn, and M. Park, “A GraphML-based visualization framework for workflow-performers’ closeness centrality measurements,†KSII Trans. Internet Inf. Syst., vol. 9, no. 8, pp. 3216–3230, 2015.

A. I. Sugiarta, D. Syamsuar, and E. S. Negara, “Analisis Sentralitas Aktor pada Struktur Jaringan Politik dengan Menggunakan Metode Social Network Analysis ( SNA ) : Studi Kasus Group Facebook Lembaga Survei Sosial Media,†in SEMNASTIK, 2018, pp. 1–7.

M. Thangaraj and S. Amutha, “Mgephi : Modified Gephi for Effective Social Network Analysis,†Int. J. Sci. Res. Comput. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 39–50, 2018.

M. K. A. Bratawisnu Andry, “Social Network Analysis Untuk Analisa Interaksi User Dimedia Sosial Mengenai Bisnis E-Commerce (Studi Kasus: Lazada, Tokopedia Dan Elevenia),†Almana J. Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. Vol 2 No 2 (2018): Vol. 2 No.2/ Agustus 2018, pp. 107–115, 2018.

R. Zafarani, M. A. Abbasi, and H. Liu, Social Media Mining: Graph Essentials. New York, USA: CAMBRIDGE UNIVERSITY, 2014.

Downloads

Published

2019-12-24

Issue

Section

Articles