Implementasi Teknik Search Engine Optimization Dalam Meningkatkan Trafik Toko Frutivez Pada Lazada

Authors

  • Sarah Latifah Universitas Padjadjaran
  • Irfan Ardiansah Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.31328/jointecs.v7i2.3685

Keywords:

frutivez, konversi, lazada, optimasi, statistik, trafik

Abstract

PT. Saudagar Buah Indonesia adalah perusahaan yang bergerak pada bidang agroindustri dengan produk olahan buah yaitu Frutivez Fruit Strips. Pada masa pandemi, produk Frutivez mengalami penurunan penjualan yang sangat drastis. Oleh karena itu, PT. Saudagar Buah Indonesia perlu menerapkan strategi pemasaran yang baru salah satunya yaitu membuka toko pada situs Lazada untuk memperluas pasar melalui media toko online. Pada seluruh platform e-commerce, toko yang baru dibuka perlu dilakukan optimasi produk dan toko supaya produk tersebut dapat muncul teratas saat konsumen melakukan pencarian produk. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan implementasi teknik SEO supaya dapat meningkatkan trafik toko Frutivez di Lazada dan mengukur efektivitas halaman toko Frutivez pada Lazada. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer (statistik toko frutivez, statistik produk frutivez, statistik kata kunci produk frutivez, statistik fitur naikkan produk, dan statistik feed toko Frutivez di Lazada ) dan sekunde yang berasal dari studi kepustakaan. Hasil implementasi SEO pada toko menunjukkan bahwa tingkat konversi toko 3,33%, tingkat konversi ini sudah termasuk dalam tingkat konversi yang baik. Dari 4 produk yang digunakan pada analisis pencarian berdasarkan kata kunci, dua produk berada pada barisan cukup atas yaitu barisan ke-1 dan barisan ke-6, sedangkan dua produk lain berada pada barisan cukup bawah yaitu barisan ke-38 dan barisan ke-26. Penggunaan fitur naikkan produk selama 14 hari menunjukkan performa yang cukup baik. Semua postingan feed Frutivez memiliki nilai konversi 0% sehingga konten feed lazada toko Frutivez tidak mempengaruhi penjualan dan jumlah pengunjung toko.

Author Biographies

Sarah Latifah, Universitas Padjadjaran

Program Studi Teknologi Industri Pertanian

Irfan Ardiansah, Universitas Padjadjaran

Program Studi Teknologi Industri Pertanian

References

Kasmi and A. N. Candra, “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu,†J. Aktual, vol. 15, no. 2, p. 109, 2017, doi: 10.47232/aktual.v15i2.27.

D. Thorfiani, S. H. Suarsa, and B. Oscar, “Teknologi E-commerce dan Pengalaman Konsumen,†Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), vol. 7, no. 2, pp. 139–148, 2021, doi: 10.31289/jkbm.v7i2.4623.

L. Azizah, Supandi, and S. D.W, “Electronic Commerce (E-Commerce) Dalam Perspektif Ekonomi Pertahanan,†J. Ekon. Pertahanan, vol. 5, no. 19, 2019, doi: 10.1016/B0-12-387670-2/00077-7.

Alwendi, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan,†Manaj. Bisnis, vol. 17, no. 3, pp. 317–325, 2020.

A. Aco and A. H. Endang, “Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,†J. Tek. Inform., vol. 2, pp. 1–13, 2017.

A. Jamira, “Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Studi Kasus Keripik Kentang Leo,†J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 17, no. 3, pp. 235–242, 2017.

A. D. Kusumastuti, “Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Eksistensi Bisnis UMKM dalam mempertahankan Business Continuity Management ( BCM ),†eJournal Adm. Bisnis, vol. 8, no. 3, pp. 224–232, 2020.

M. L. N. Rosmadi, “Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19,†J. IKRA-ITH Ekon., vol. 4, no. 1, pp. 122–127, 2021.

Achmad, “Pengaruh Pengguna E-commerce terhadap Transaksi Online Menggunakan Konfirmasi faktor Analisis,†Fakt. Exacta, vol. 11, no. 1, p. 7, 2018, doi: 10.30998/faktorexacta.v11i1.2306.

A. Nur Hayati, “Analisis Tantangan dan Penegakan Hukum Persaingan Usaha pada Sektor E-Commerce di Indonesia,†J. Penelit. Huk. Jure, vol. 21, no. 1, p. 109, 2021, doi: 10.30641/dejure.2021.v21.109-122.

F. Prathama and W. L. Sahetapy, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada,†J. Agora, vol. 7, no. 1, p. 287015, 2019.

F. Eka Purwiantono, “Metode Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Ranking Webometrics Pada Web STIKI Malang,†Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 3, no. 2, pp. 111–120, 2019.

S. Krrabaj, F. Baxhaku, and D. Sadrijaj, “Investigating Search Engine Optimization Techniques for Effective Ranking: A Case Study of an Educational Site,†2017 6th Mediterr. Conf. Embed. Comput., no. June, pp. 11–15, 2017.

A. F. Satibi, Suharyono, and Y. Abdillah, “Analisis Pemanfaatan Search Engine Optimalization Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UKM di Pasar Internasional (Studi Kasus Pada CV. Ayung Sportindo),†J. Adm. Bisnis, vol. 50, no. 6, pp. 96–105, 2017.

Istiqomah and I. Andriyanto, “Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus),†BISNIS J. Bisnis dan Manaj. Islam, vol. 5, no. 2, p. 363, 2018, doi: 10.21043/bisnis.v5i2.3019.

A. M. I. Astuti and S. Ratnawati, “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100),†J. Ilmu Manaj., vol. 17, no. 1, pp. 58–70, 2020.

A. Hardiyanto, I. Soejanto, and I. Berlianty, “Analisis Strategi Pembangunan Desa Wisata Di Sentra Pengrajin Keris,†Opsi, vol. 11, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.31315/opsi.v11i1.2193.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles