Analisis Kualitas Sistem Informasi Haji Terpadu Menggunakan Metode McCall

Authors

  • Ahmad Farisi Universitas Multi Data Palembang
  • Rizani Teguh Universitas Multi Data Palembang
  • Ratih Lestari Universitas Multi Data Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31328/jointecs.v7i2.3725

Keywords:

analisis, kualitas, sistem, SIHAT, McCall

Abstract

Penelitian ini mengukur kualitas sistem informasi menggunakan metode McCall dengan studi kasus sistem informasi haji terpadu (SIHAT) pada PT. Arraudhah Wisata Imani. Setelah melakukan studi literatur dan menyebarkan kuesioner pra-penelitian, penelitian ini dimulai dengan menyebarkan kuesioner McCall terhadap 30 responden. Hasil pengisian kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya untuk mendapatkan variabel dan indikator yang valid dan reliabel. Variabel dan indikator tersebut selanjutnya digunakan untuk mengukur nilai kualitas (Fa) dari setiap variabel. Pengukuran tersebut dimulai dengan proses pembobotan variabel dan indikator melalui kuesioner yang diisi oleh pakar. Pembobotan tersebut menggunakan skala 0,1 sampai dengan 0,5 untuk setiap variabel correctness, reliability, efficiency, integrity, dan usability beserta indikatornya masing-masing. Hasil pengukuran kualitas menunjukkan bahwa faktor correctness sebesar 58%, reliability sebesar 30%, efficiency sebesar 19%, integrity sebesar 58% dan usability 45%. Secara keseluruhan kualitas SIHAT Arraudhah berada pada nilai 41% yang berada pada rentang 41%-60% yang berarti SIHAT Arraudhah cukup berkualitas.

Author Biographies

Ahmad Farisi, Universitas Multi Data Palembang

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data Palembang

Rizani Teguh, Universitas Multi Data Palembang

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa

Ratih Lestari, Universitas Multi Data Palembang

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa

References

N. Nasruddin, “Haji Dalam Budaya Masyarakat Bugis Barru: Suatu Pergeseran Makna,†Kamaya J. Ilmu Agama, vol. 3, no. 2, pp. 158–173, 2020, doi: 10.37329/kamaya.v3i2.438.

M. S. Lubis and T. Hidayat, “Sistem Informasi Terpadu Haji dan Umrah Berbasis Mobile,†J. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 62–68, 2019.

A. S. Hapsoh, “Manajemen Pelayanan Pada KBIH Salman ITB Dalam Meningkatkan Kualitas Calon Jamaah,†Tadbir J. Manaj. Dakwah, vol. 5, no. April, pp. 87–104, 2020, doi: 10.15575/tadbir.

M. A. W. Saputra, W. A. Rioditama, H. Setyowati, and M. A. Yaqin, “Survei Teknik-Teknik Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak,†Ilk. J. Comput. Sci. Appl. Informatics, vol. 3, no. 1, pp. 2715–2731, 2021.

F. S. Al-Obthani and A. A. Ameen, “Towards Customized Smart Government Quality Model,†Int. J. Softw. Eng. Appl., vol. 9, no. 2, pp. 41–50, 2018, doi: 10.5121/ijsea.2018.9204.

Y. Andriyani, J. A. Dewana, and I. D. Id, “Implementasi McCall’S Framework dalam Pengujian Kualitas Perangkat Lunak (Studi Kasus Portal Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau),†J. Tek. Inform., vol. 13, no. 2, pp. 201–212, Feb. 2021, doi: 10.15408/jti.v13i2.16986.

P. B. Lestari, D. H. Zulfikar, and C. E. Gunawan, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) Menggunakan Model McCall,†Jusifo, vol. 6, no. 1, pp. 1–14, 2020, doi: 10.19109/jusifo.v6i1.5526.

Fahmi Sulaiman, Nana Suarna, and Iin, “Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Laporan Jalan Tol Menggunakan Metode Mccall,†INFOTECH J., vol. 8, no. 1, pp. 34–40, Mar. 2022, doi: 10.31949/infotech.v8i1.2234.

H. Fawareh, “Software Quality Model for Maintenance Software Purposes,†Int. J. Eng. Res. Technol., vol. 13, no. 1, pp. 158–162, 2020, doi: 10.37624/ijert/13.1.2020.158-162.

A. J. Al Nawaiseh, Y. Helmy, and E. Khalil, “A New Software Quality Model For Academic Information Systems ‘Case Study E-Learning System,’†Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 9, no. 1, pp. 3822–3833, 2020.

H. Hanes, A. Angela, and S. S. Br, “Pengukuran Kualitas Website Penjualan Tiket Dengan Menggunakan Metode Mccall,†J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 2, pp. 81–88, 2020.

A. Andrianti, “Pengukuran Kualitas Aplikasi Rekap Indikator Mutu Harian RS Bhayangkara Jambi Menggunakan Metode McCall,†J. Ilm. Media Sisfo, vol. 14, no. 1, p. 24, 2020, doi: 10.33998/mediasisfo.2020.14.1.716.

A. S. C. M, K. Aelani, and F. D. J. S, “Pengujian Kualitas Website menggunakan Metode McCall Software Quality ( Studi Kasus smkn4bdg.sch .id ),†Jt. (Journal Inf. Technol., vol. 03, no. 1, pp. 25–32, 2021, doi: https://doi.org/10.47292/joint.v3i1.43.

L. Irawan, R. Anggraeny, and M. Arifin, “Hubungan Pemberian Penghargaan (Reward) Dengan Kinerja Pegawai Dinas Pariwisata Kota Samarinda,†e-Journal Adm. Publik, vol. 8, no. 1, pp. 9507–9521, 2020.

C. Juliane, R. Dzulkarnaen, and W. Susanti, “Metode McCall ’ s untuk Pengujian Kualitas Sistem Informasi Administrasi Tugas Akhir (SIATA),†J. RESTI, vol. 3, no. 3, pp. 488–495, 2019, doi: https://doi.org/10.29207/resti.v3i3.1170.

A. Farisi and H. Saputra, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Menggunakan Metode McCall : Studi Kasus SPON MDP,†Techno.COM, vol. 21, no. 2, pp. 237–248, 2022.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles