Sistem Monitoring BTS Pada Perusahaan Telekomunikasi Seluler Berbasis Aplikasi Mobile

Authors

  • Imron Rosydi Universitas Narotama
  • Aryo Nugroho Universitas Narotama
  • Awalludiyah Ambarwati Universitas Narotama

DOI:

https://doi.org/10.31328/jointecs.v7i3.3782

Keywords:

sistem informasi, monitoring, BTS, SDLC, ISO 25010

Abstract

Telekomunikasi adalah hal penting di masa kini. Penyelenggara jasa dan jaringan telekomunikasi berlomba memberikan pelayanan terbaik, salah satunya dengan memperbanyak BTS miliknya. BTS (Base Transceiver Station) milik perusahaan telekomunikasi tersebar di seluruh wilayah. BTS adalah suatu perangkat jaringan telekomunikasi seluler yang umumnya berupa sebuah tower dengan antena yang berfungsi sebagai pemancar dan penerima sinyal, sehingga dapat menghubungkan jaringan operator telekomunikasi seluler dengan penggunanya. Pemeliharaan dan penanganan gangguan BTS harus dilakukan dengan baik dan tepat, agar kualitas jaringan tetap terjaga. Jika suatu BTS mengalami gangguan, maka sinyal jaringan selular pada area tersebut akan hilang, dan otomatis akan merugikan konsumen karena tidak dapat melakukan panggilan telepon dan tidak dapat mengakses internet. Oleh karena itu perbaikan harus segera dilakukan agar menghindari kerugian dari pihak perusahaan maupun konsumen. Berdasarkan permasalahan tersebut aplikasi ini dibuat. Metode yang digunakan adalah sistem development life cycle (SLDC) waterfall berbasis Android. Pengujian sistem menggunakan tiga karakteristik pada standar ISO 25010, yaitu functional suitability, usability, dan performance efficiency. Hasil pengujian mendapatkan nilai 1 (baik) pada pengujian functional suitability, mendapatkan nilai 90% (sangat layak) pada pengujian usability, dan mendapatkan nilai 2 detik (diterima) pada pengujian performance efficiency.

Author Biographies

Imron Rosydi, Universitas Narotama

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Aryo Nugroho, Universitas Narotama

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Awalludiyah Ambarwati, Universitas Narotama

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

References

A. Sucipto, H.W. David, Sampurna, and S. Ahdan, “Sistem Pemeliharaan Menara BTS (Base

Transceiver Station) Berbasis Mobile,†Jurnal Saitekom, vol. 1770, no. 1, pp. 12-22, 2022.

M. N. Al-Azam, D. Rizaludin, Y. S. Raharjo, and A. Nugroho, “Message Queuing Telemetry Transport dalam Internet of Things menggunakan ESP-32,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 3, pp. 159-166, 2019, doi: 10.30865/mib.v3i3.1160.

A. S. Yaumi, Z. Zulfiqkar, and A. Nugroho, “Klasterisasi Karakter Konsumen Terhadap Kecenderungan Pemilihan Produk Menggunakan K-Means,†JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 5, no. 3, pp. 195-202, 2020, doi: 10.31328/jointecs.v5i3.1523.

A. Heryanto, A. Hermansyah, and M. Nizar, “Sistem Monitoring Server Dan Perangkat Jaringan Pada Enterprise Resource Planning Fasilkom Unsri Menggunakan Protokol Icmp Dan Snmp,†Sistemasi, vol. 6, no.3, pp. 1–10, 2017.

Pradana, H. Arie, “Analyze The Effectiveness of Service Level Agreement (SLA)

Toward Goods Delivery,†SSRN Electronic Journal, vol 05, no. 1, pp. 323–332, 2017.

doi: 10.2139/ssrn.2789024

A. Janottama, A. Ambarwati, M. N. Al-Azam “Otomatisasi Trouble Ticket Untuk Peningkatan Performansi Sistem Informasi Monitoring Perangkatâ€, inotek, vol. 1, no. 1, pp. 051–058, 2020.

M. Hanif and M. Kamisutara, “Sistem Monitoring Trafik Pada Mikrotik Berbasis App Mobile Dengan Notifikasi Telegram,†Netw. Eng. Res. Oper., vol. 6, no. 1, pp. 1-10, 2021, doi: 10.21107/nero.v6i1.169.

H. A. Pradana, E. Helmud, and P. Romadiana, “Evaluasi Kesuksesan Implementasi SLA Pada Mobile PLIK Bangka Belitung,†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 152–162, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i1.774.

S. Supono, “Model Penilaian Kapabilitas Proses Layanan Service Level Agreement (SLA) Pada Cloud Computing,†J. Sains dan Inform., vol. 6, no. 1, pp. 62–71, 2020, doi: 10.34128/jsi.v6i1.209.

L. Nurhayati and D. Setiadi, “Pemodelan Proses Bisnis (Studi Kasus PD. Simpati Sumedang),†Infoman’s, vol. 11, no. 1, pp. 40–50, 2017, doi: 10.33481/infomans.v11i1.20.

R. Juniyantara Putra, N. Putra Sastra, and D. M. Wiharta, “Pengembangan Komunikasi Multikanal Untuk Monitoring Infrastruktur Jaringan Berbasis Bot Telegram,†J. SPEKTRUM, vol. 5, no. 2, pp. 152-157, 2018, doi: 10.24843/spektrum.2018.v05.i02.p19.

L. Nurhayati and D. Setiadi, “Pemodelan Proses Bisnis (Studi Kasus PD. Simpati Sumedang),†Infoman’s, vol. 11, no. 1, pp. 40–50, 2017, doi: 10.33481/infomans.v11i1.20.

W. Nugroho, “Study on determining priority of Base Transceiver Station (BTS) construction,†Adv. Business, Manag. Entrep., no.3, pp. 167–171, 2020, doi: 10.1201/9781003131465-35.

O. D. Yohanes, A. Ambarwati, and C. Darujati, “Pengembangan Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Ujian Online Menggunakan Metode Goal-Directed Design,†JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci.), vol. 6, no. 1, pp. 55-62, 2021, doi: 10.31328/jointecs.v6i1.2153.

T.A. Ghaffur and Nurkhamid, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Kegiatan Sekolah Berbasis Mobile Web di SMK Negeri 2 Yogyakarta,†Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), vol.2, no.1, pp. 94-101, 2017.

Downloads

Published

2022-10-17

Issue

Section

Articles