Game Edukasi Berbasis Kinect untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) dengan Metode Finite State Machine
DOI:
https://doi.org/10.31328/jointecs.v3i1.501Abstract
Game merupakan perkembangan dalam teknologi saat ini. Game edukasi merupakan permainan yang dirancang untuk dijadikan sebuah media pembelajaran melalui materi yang berisikan teks,video,audio,gambar dan animasi. Game ini ditujukan untuk anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang mempunyai karakter khusus dibandingkan dengan anak pada umumnya. Salah satu dari anak berkebutuhan khusus adalah anak autis. Autis merupakan gangguan saraf seseorang. Dalam penyelesaian proses game menggunakan metode finite state machine. Metode finite state machine berfungsi untuk menentukan alur pengguna dalam menjawab suatu pertanyaan yang tampil dalam game. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengimplementasikan game edukasi berbasis kinect untuk anak berkebutuhan khusus autis mengenal benda di dalam rumah serta mengimplementasikan metode finite state machine untuk membantu pengguna mengetahui alur game saat dimainkan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan rata-rata jarak ideal kinect dan pengguna dalam memainkan game adalah 2,2 meter. Waktu respon pengguna dalam memilih tombol button dalam game adalah 1,4 detik. Rata-rata FPS terbaik dan terburuk adalah 113,2 fps dan 82,5 fps. Kata kunci – Autis, Finite State Machine,Game, KinectReferences
Abdullah,D.,Reza,B.,Ita,Erliana,C.,â€Game Edukasi Berbasis Role Playing Game Dengan Metode Finite State Machineâ€.
Haryanto.H., Novianto,S.,Rosyidah,U., “Model Skenario Adaptif Berbasis Finite State Machine Pada Game Pendidikanâ€.Techno.com,1411-3201,Vol 13, No 2, 91-98, Mei 2014
Rostianingsih, S.,Satia,Budhi G., Kristian Wijaya, H., “Game Simulasi Finite State Machine Untuk Pertanian dan Peternakanâ€.
Wibowo,djoko.,Noersasoongko,edi.,Wahana,Romi,S.,“Identifikasi Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Penjumlahan Susun Berbasis Finite State Machineâ€.Teknologi Informasi,ISSN 1414-9999,Vol 8, No 1, 1-11, April 2012
Haryanto,H.,Hariadi,M., “Sistem Reward Imersif berbasis Finite State Machine Pada Game Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasarâ€.Seminar Sistem Informasi Indonesia,Desember 2008.
Fauzan,M.R., Suyatno,A., Maharani,S., “Penerapan Metode Finite State Machine Pada Gameâ€The Relationship†â€.Jurnal Informatika Mulawarman,1411-3201,Vol 11, No 1, 14-22, Februari 2016
Haryanto,H.,â€Agen Cerdas Kompetitif Berbasis Finite State Machine Dalam Game Pembelajaran Untuk Anakâ€.Techno.com,Vol 9,No 2,Mei 2010
Jannah,Aisyah,Rahmatul.,â€Game Edukasi Bahasa Arab Untuk Anak Berbasis Dekstopâ€.2-7.
Faizal,Ade.,Astuti,Setia.,â€Game Edukasi Pengenalan Transaksi Belanja dan Pengenalan Nilai Mata Uang Untuk SDLB-C Widya Bhakti Semarang Dengan Metode FSMâ€.1-12
Haryanto,H.,â€Reward Dinamis dalam Skenario Adaptif Menggunakan Metode Finite State Machine pada Game Edukasiâ€.Journal of Applied Intelegent System,Vol 1,No 2,144-153,Juni 2016
Bimantoro,T.,Haryanto,H.,â€Pemodelan Perilaku Musuh Menggunakan Finite State Machine (FSM) Pada Game Pengenalan Unsur Kimiaâ€Journal of Applied Intelegent System,Vol 1, No 3, 210-219,Oktober 2016
Cancela,J.,Hurtado,O.,Arredondo,Maria,T.,â€Proposal of a KinectTM-based System for Gait Assesment and Rehabilition in Parkinson’s Diseaseâ€.IEEE.4519-4522.
Morgan,B.,Kehtkar,F.,Graesser,A.,Shaffer,D.,â€Automating the Mentor in a Serious Game:A Discourse Analysis Using Finite State Machinesâ€.591-595.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa JOINTECS (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMPUTER SCIENCE) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada JOINTECS (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMPUTER SCIENCE);
Lisensi :
JOINTECS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
This work is Under licensed
Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)