Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Pada Malang Dorm Hostel

Authors

  • Fachri Ayudi Fitrony Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang
  • Fitri Marisa Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/jointecs.v3i2.784

Keywords:

Importance Performance Analysis, Malang Dorm Hostel, Kualitas, Website, WebQual,

Abstract

Kemajuan teknologi telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah pada dunia bisnis begitu pula bersamaan dengan adanya internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas website di malang dorm hostel berdasarkan metode WebQual dengan dimensi Usability, Information, dan Service Interaction. nilai kesenjangan atau gap dari ketiga dimensi WEBQUAL. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini secara keseluruhan, nilai selisih antara kualitas aktual (performance) dan kualitas ideal (importance) memiliki nilai negatif. total rata-rata kesenjangan atau gap sebesar –(0.84). Nilai kesenjangan terbesar terdapat pada dimensi information dengan nilai kesenjangan atau gap sebesar –(1.33). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa website Malang Dorm Hostel secara aktual dirasakan belum memenuhi kualitas ideal terutama yang berhubungan dengan informasi dan layanan yang terdapat pada website. Indikator yang perlu mendapat perhatian antara lain adalah informasi dengan tingkat detail yang tepat, selain itu atribut informasi dapat dipercaya,keamanan dalam bertransaksi, informasi akurat,keamanan informasi pribadi, informasi dalam format yang sesuai, informasi aktual, informasi relevan dan mudah melakukan navigasi. Diharapkan penelitian ini dapat membantu manajemen website Malang Dorm Hostel dalam meningkatkan kualitas layanan mereka dalam menghadapi persaingan dan menjawab kebutuhan dan harapa masyarakat.

References

N. Hajiheydari, “Sustainable Internet Service Provider Selection : Affected by Internal and External Factors ( Quality and Reputation ),†no. 2005, pp. 169–177, 2017.

H. Zaim and M. Ramdani, “Multi-Criteria Analysis Approach Based on Consumer Satisfaction to Rank B2C E-commerce Websites,†2016.

D. Rahayu and E. Utami, “Analysis of Evaluation Quality Website From Developers Perspective For Build Website,†pp. 120–124, 2018.

P. D. Y. Akgül, “Quality Evaluation of E-Government Websites of.â€

V. U. Tjhin, R. Tavakoli, R. Nugroho, and P. Atmojo, “The Determinants Affecting E-Loyalty : Hospitality Industry in Indonesia,†pp. 131–136, 2016.

A. I. Baranchikov, A. G. Svirina, N. N. Grinchenko, and N. A. Sumenkov, “A Technique of Increasing the Efficiency of Websites ’ Ranking based on the Spectral Coefficient of the Texts ’ Readability,†2018 7th Mediterr. Conf. Embed. Comput., no. June, pp. 1–5, 2018.

Downloads

Published

2018-12-29

Issue

Section

Articles