Implementasi Virtual Reality Pada Tur Virtual Monumen Nasional Menggunakan Unity 3D Algoritma Greedy Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.31328/jointecs.v3i2.786Keywords:
Monumen Nasional, Turis Virtual, Android, Virtual Reality, Unity,Abstract
Museum merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati. Setiap daya tarik museum akan sejarah tentu memiliki berbagai objek yang tersebar di kawasan wisata, sehingga pariwisata berkewajiban memberikan informasi mengenai tentang lokasi Museum Monumen Nasional, dan proses manual masih kurang interaktif sehingga memberikan kesempatan untuk membuat aplikasi virtual tours 3D pada smartphone berbasis android, yang bisa membantu memberikan informasi seperti peta pada turis. Situs dan atraksi yang ada dikawasan wisata dengan tampilan virtual 3D. Model 3D dari setiap lokasi wisata turis yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Blender 3D Modeling, tampil dalam aplikasi yang dibuat dengan Unity 3D Engine. Proses Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) prototyping model yang merupakan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengetahui sejarah dan bangunan di Museum Monumen Nasional, dan wisatawan dapat menjelajahi virtual 3D dengan menggunakan smartphone berbasis android.References
N. Hnoohom, “Virtual reality-based smartphone application for animal exposure,†pp. 0–5, 2017.
D. Huxpxuwl et al., “0l[hg 5hdolw lq 7kh ‟ 9luwxdo 5rrp $uudqjhphqw,†pp. 303–306, 2017.
Y. Nassen, “3D modelling based on virtual reality,†pp. 399–402, 2016.
M. C. Moreira and M. A. B. Rodrigues, “Development of mobile virtual application to increase consciousness and relaxation of the pelvic floor muscles,†pp. 4–5, 2017.
W. Zheng, L. Feng, B. Liu, P. Fu, and J. Qiao, “Development of Virtual Laboratory Application Structure in Android Cellphone for Distance Learning.â€
C. De, N. Aguirre, and A. Aim, “Augmented Reality applied in Tourism Mobile Applications,†pp. 120–125.
F. J. R. R, C. Science, D. M. I. College, and A. A. Reality, “Word Recognition Incorporating Augmented Reality For Linguistic E-Conversion,†pp. 2106–2109, 2016.
I. Prazina, V. Okanovic, K. Balic, and S. Rizvic, “Usage of Android device in interaction with 3D virtual objects,†pp. 244–246, 2017.
E. Patti et al., “Information Modeling for Virtual and Augmented Reality,†no. June, 2017.
I. E. Nugraha and T. W. Sen, “Assembly Instruction With Augmented Reality On Android Application „Assembly With AR,‟†pp. 32–37, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa JOINTECS (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMPUTER SCIENCE) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada JOINTECS (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY AND COMPUTER SCIENCE);
Lisensi :
JOINTECS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
This work is Under licensed

Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)










