Augmented Reality Untuk Media Promosi Rumah Pada Alang-Alang Contruction Berbasis Android

Authors

  • Jayang Nurdiansyah Program Studi Teknik Informatika Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Achmad Choiron Program Studi Teknik Informatika Universitas Dr.Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31328/jointecs.v3i3.814

Keywords:

Augmented reality, Aplikasi Android, 3D, Rumah,

Abstract

Aplikasi Augmented reality untuk media promosi rumah pada alang-alang construction berbasis android, dirancang sebagai media penunjang promosi rumah untuk lebih memudahkan menjual rumah, dimana biasanya mempromosikan rumah menggunakan brosur biasa maka dari itu perusahaan dapat memanfaatkan teknologi Augmented reality pada Mobile Phone dengan Sistem Operasi Android agar dapat mengangkat citra perusahaan dan mempunyai nilai plus tersendiri dihadapan para calon pelanggan Dalam tugas akhir ini akan dibangun aplikasi dengan memanfaatkan teknologi Augmented reality sebagai penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata (realtime),dengan metode Marker atau target yang disetting untuk memunculkan objek 3D secara bersamaan. Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan Unity sebagai software pendukungnya dan menggunakan Vuforia SDK sebagai management datanya, objeck tiga dimensi yang dibuat dengan menggunakan Autodesk 3ds Max. Dengan dibuatnya Aplikasi ini, maka dapat membantu marketing untuk menarik minat pelanggan juga memberikan hasil presentasi model rumah dihadapan calon pelanggan menjadi lebih profesional, dan dari hasil pembuatan gambar rumah secara 3D, dapat membantu para pelanggan untuk lebih mengetahui desain dan tipe rumah yang akan dibeli.

References

Riyanto, R., & Singgih, S. R.. Pemanfaatan Augmented Reality pada Media Pembelajaran Interaktif Peredaran Planet. JUITA: Jurnal Informatika, 3(4). 2015.

Blum, T., Kleeberger, V., Bichlmeier, C. and Navab, N. mirracle: An augmented reality magic mirror system for anatomy education. In Virtual Reality Short Papers and Posters (VRW), IEEE, pp. 115-116, 2012.

Pankratz, F., Dippon, A., Coskun, T., & Klinker, G. User awareness of tracking uncertainties in AR navigation scenarios. In Mixed and Augmented Reality (ISMAR) IEEE International Symposium on, pp. 285-286, 2013.

Kollatsch, C., Schumann, M., Klimant, P., & Lorenz, M. Industrial Augmented Reality: Transferring a Numerical Control Connected Augmented Realty System from Marketing to Maintenance. In Mixed and Augmented Reality (ISMAR-Adjunct) IEEE International Symposium on , pp. 39-41, 2017

Chang, S. N., & Chen, W. L. Does visualize industries matter? A technology foresight of global Virtual Reality and Augmented Reality Industry. In Applied System Innovation (ICASI), IEEE International Conference on . pp. 382-385, 2017.

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles