MONITORING KINERJA WADUK TERHADAP PRODUKTIFITAS PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR

Muh. Muksim, Fachrudin Fachrudin

Abstract


PLTA Sengguruh dibawah PT Pembangkitan Jawa Bali menjadi salah satu pembangkit listrik di wilayah malang selatan. Mensupply energi listrik pada tegangan 70 kV. Supply utama PLTA sengguruh adalah waduk sengguruh yang merupakan waduk harian bertipe run of river.  Dengan penurunan kapasitas tampungan waduk serta fluktuasi inflow yang masuk membuat pengaturan pola operasi selama ini yang dijalankan belum bisa optimal. Hal itu terlihat pada kontinuitas pengoperasian yang masih belum ideal. Masalah yang dihadapi adalah belum adanya monitoring kinerja waduk berupa inflow. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat prototype aplikasi yang dapat memonitoring inflow dengan menggunakan persamaan kontinuitas. Melaui persamaan kontinuitas inflow waduk dapat diketahui melalui perubahan tampungan waduk dan keluaran waduk. Hasil dari penelitian ini adalah prototype aplikasi memonitoring inflow berdasarkan perubahan elevasi. Prototype aplikasi ini memiliki 3 fitur utama yaitu menghitung inflow , merekomendasikan pola pemebanan dan waktu operasi. Melalui perhitungan aplikasi ini PLTA sengguruh mampu meningkatkan kontinuitas dan produktivitas kinerjanya meningkat 5.74% dibulan januari hingga juni 2020.


Full Text:

PDF

References


Anonymous, “Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA),” InsinyurElektro, 15-Nov-2017.

D. A. Wulandari, H. Budieny, dan D. Kurniani, “Keakuratan Prediksi Inflow Waduk Dengan Neraca Air Waduk,” Teknik, vol. 37, no. 2, hlm. 94–97, 2016.

N. Adikurniawan, D. Rohi, dan H. H. Tumbelaka, “Analisa Pemodelan PLTA Sengguruh dengan Matlab Simulink,” J. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, hlm. 24–29, 2018.

C. S. Samosir, W. oetopo, dan E. Yuliani, “Optimasi Pola Operasi Waduk Untuk Memenuhi Kebutuhan Energi Pembangkit Listrik Tenaga Air (Studi Kasus Waduk Wonogiri),” vol. 6, hlm. 108–115, Mei 2015.

L. Lukas, D. Rohi, dan H. H. Tumbelaka, “Studi Kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas,” J. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, hlm. 17–23, 2018.

J. Jamludin, “Analisa Daya Listrik Optimum Model Screw Turbine 2 Blade Sebagai Penggerak Generator Listrik,” J. Tek., vol. 7, no. 2, 2019.

S. Susilowati dan Hastiningrum, “Prediksi Inflow Waduk Berdasarkan Outflow Menggunakan Persamaan Kontinuitas,” teknik, Jul 2015.

McMahon, T.A. McMahon, and G.M. Russel “Reservoir Capacity And Yield” Amsterdam:Elsevier Scientific Publishing Company, 1978.

Prof. Dari. T. Yuniarsih, Manajemen Sumber Daya Manusia. 2009.

Anonymous, “PROTAP DKIKP.” PT. PLN (PERSERO), Jun-2017.

F. N. Habibi, S. Setiawidayat, and M. Mukhsim, “Alat Monitoring Pemakaian Energi Listrik Berbasis Android Menggunakan Modul PZEM-004T,” p. 8.

Y. Efendi, “Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor,” vol. 2, Apr 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Widyagama Malang
Jl. Borobudur 35 Malang
email : [email protected]

This work is Under licensed

Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)