MENGHIDUPKAN KEMBALI WARISAN BUDAYA: PELESTARIAN DAN PENGEMBANGAN SENI MALANGAN DI KABUPATEN MALANG
Abstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan "Seni Malangan," kesenian tradisional di Kabupaten Malang, yang mencakup Wayang Topeng, Wayang Kulit, Ludruk, dan Tayub Malangan. Seni Malangan menghadapi ancaman dari modernisasi dan globalisasi yang mengurangi minat generasi muda terhadap seni tradisional. Program ini mengidentifikasi dan mengklasifikasikan berbagai bentuk seni Malangan serta merancang instrumen pengelolaan dan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang relevan. Edukasi dan penyuluhan menggunakan media E-Katalog/E-Brosur dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan minat generasi muda terhadap seni ini. Program juga fokus pada pengembangan manajemen usaha dan pemasaran produk seni, termasuk penggunaan teknologi untuk produksi dan promosi. Partisipasi dalam event kesenian dan penggunaan media sosial membantu meningkatkan eksposur produk dan memperluas jaringan. Perlindungan HKI memastikan karya seni terlindungi secara hukum, mendukung inovasi dan pengembangan ekonomi kreatif. Hasilnya, program ini berhasil memberikan solusi konkret untuk pelestarian dan pengembangan Seni Malangan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal melalui sektor pariwisata dan industri kreatif.References
Y. K. Efendi and H. Nurullita, “Perancangan Buku Kostum Dan Tata Rias Gandrung Banyuwangi Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Daerah,†Hist. J. Progr. Stud. Pendidik. Sej., vol. 7, no. 1, p. 107, 2019, doi: 10.24127/hj.v7i1.1791.
umrah hamid, M. Ridha, and M. S. Madjid, “Pengolahan Sagu Di Desa Cenning Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara (1982-2017),†J. Pattingalloang, vol. 6, no. 3, p. 106, 2019, doi: 10.26858/pattingalloang.v6i3.10551.
I. Bahardur, “Kearifan Lokal Budaya Minangkabau Dalam Seni Pertunjukkan Tradisional Randai,†Jentera J. Kaji. Sastra, vol. 7, no. 2, p. 145, 2018, doi: 10.26499/jentera.v7i2.932.
A. Ginanjar, T. Yuniastuti, and D. A. K. Murti, “GEDUNG PERTUNJUKAN SENI (TEATER) DI BANYUMAS Dengan Penekanan Arsitektur Post Modern €“ Neo Vernakular,†J. Arsit. Pendapa, vol. 2, no. 2, pp. 10–21, 2020, doi: 10.37631/pendapa.v1i2.97.
A. G. I. Hutabarat and A. C. Padmasari, “Rancang Bangun Game Tradisional ‘Tambah Satu’ Berbasis Platform Android,†J. Pendidik. Multimed., vol. 2, no. 1, pp. 29–44, 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25028.
W. Rahayuningtyas, A. Pramono, S. Sumarwahyudi, R. Hidajat, and M. Istiar, “Developing Digital Storytelling of Wayang Topeng Malang as Platform for Cultural Literacy for Students,†Kne Soc. Sci., 2021, doi: 10.18502/kss.v5i3.8561.
A. Wibowo, A. Priyatna, and C. Sobarna, “Modifikasi Wayang Topeng Malangan Di Padepokan Asmoro Bangun, Kedungmonggo Pakisaji, Malang,†Panggung, vol. 29, no. 3, 2019, doi: 10.26742/panggung.v29i3.1009.
A. Nirwana, “Kajian Estetik Topeng Malangan (Studi Kasus Di Sanggar Asmorobangun, Desa Kedungmonggo, Kec. Pakisaji, Kab. Malang),†Imaji, vol. 13, no. 2, 2016, doi: 10.21831/imaji.v13i2.7881.
W. Astrini, C. B. Amiuza, and R. P. Handajani, “Semiotika Rupa Topeng Malangan (Studi Kasus: Dusun Kedungmonggo, Kec. Pakisaji, Kabupaten Malang),†Rev. Urban. Archit. Stud., vol. 11, no. 2, pp. 89–98, 2013, doi: 10.21776/ub.ruas.2013.011.02.9.
N. Finahari, “Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Potensi Ekspor Topeng Malangan (Analisis Situasional Dan Rencana Solusi),†JATI EMAS (Jurnal Apl. Tek. dan Pengabdi. Masyarakat), vol. 2, no. 1, pp. 35–38, 2018.
S. Sakaria and A. W. Kurniawan, “Augmented Reality for Topeng Malangan Face Recognition as a Media for Cultural Education,†J. Informatics Telecommun. Eng., vol. 5, no. 2, pp. 423–432, 2022, doi: 10.31289/jite.v5i2.6218.
A. H. I. Yoga, A. Zpalanzani, and A. Sachari, “Edukasi Budaya Topeng Malangan Melalui Media Interaktif Board Game,†J. Animat. Games Stud., vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.24821/jags.v6i1.3530.
N. Nurani, E. Widhajati, E. Minarni, and M. Eldon, “Pelatihan Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung,†Janita J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 45–52, 2021, doi: 10.36563/pengabdian.v1i1.260.
H. A. Mumtahana, S. Nita, and A. W. Tito, “Pemanfaatan Web E-Commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,†Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. Dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 6–15, 2017, doi: 10.23917/khif.v3i1.3309.
B. Setyanta, “Pelatihan Pemasaran Media Sosial Di Kelompok UMKM Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta,†Soc. J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 23–28, 2022, doi: 10.55824/jpm.v1i1.7.
H. S. Disemadi and H. G. Romadona, “Kajian Hukum Hak Pencipta Terhadap Desain Grafis Gratis Yang Dipergunakan Kedalam Produk Penjualan Di Indonesia,†J. Meta Yuridis, vol. 4, no. 2, 2021, doi: 10.26877/m-y.v4i2.8167.