EVALUASI KINERJA SIMPANG 4 MERGAN KOTA MALANG

Authors

  • Prabowo Prabowo Program Studi Diploma IV Teknologi Rekayasa dan Pemeliharaan Bangunan Sipil, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Malang
  • Pranoto Pranoto Program Studi Diploma IV Teknologi Rekayasa dan Pemeliharaan Bangunan Sipil, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Malang
  • Aji Suraji Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang

Abstract

Simpang 4 Mergan Kota Malang merupakan jalan alternatif penghubung lalu lintas dari sisi selatan menuju pusat kota Malang, sehingga sering mengalami kondisi lalu lintas yang ramai dan terjadi tundaan pada simpang. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan sebuah kajian analisis kinerja simpang. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja simpang dan mengidentifikasi langkah-langkah rekayasa lalu lintas yang sesuai untuk menawarkan solusi potensial dalam mengatasi kemacetan lalu lintas. Metode pengambilan data dilakukan melalui survei langsung dan kajian literatur, sementara analisis menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil analisis menunjukkan bahwa kaki simpang dari arah Mergan Lori memiliki nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 1,37 dengan Level of Service (LoS) kategori F. Kaki simpang ini memiliki lebar 5 meter dengan kondisi kiri-kanan jalan yang sulit untuk diperlebar. Rekomendasi yang diajukan adalah menjadikan Jalan Mergan Lori satu arah. Dengan perubahan ini, kinerja simpang dari arah Mergan Lori akan menurun dari 1,37 menjadi 0,54, dan DS kaki simpang Jalan Langsep akan menurun dari 0,76 menjadi 0,3. Hasil perhitungan nilai tundaan rata – rata setelah dilakukan perubahan menjadi 1 arah menjadi 10 detik/smp dari sebelumnya 161 det/smp. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja Simpang 4 Mergan secara keseluruhan dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

References

B. K. Malang, “Kota Malang Dalam Angka 223,†Bada Pus. Stat., 2023.

L. Anindya Prihandita, B. Sugiarto Waloejo, and N. Firdausiyah, “UPAYA MEMINIMALISIR POLA PERGERAKAN INTERNAL KAMPUS UNIVERSITAS BRAWIJAYA,†Plan. Urban Reg. Environ. J., vol. 9, no. 3, 2020.

A. T. Pelayanan et al., “Analisa Tingkat Pelayanan Pada Ruas Jalan Slamet Supriyadi Kecamatan Sukun Kota Malang,†eUREKA J. Penelit. Tek. Sipil dan Tek. Kim., vol. 3, no. 1, 2019.

D. D. Anggoro, I. Kumalasari, and D. Nashihah, “ANALISIS PROGRAM INFRASTRUKTUR KOTA MALANG,†PANGRIPTA, vol. 5, no. 2, 2022, doi: 10.58411/pangripta.v5i2.152.

F. Damayanti and D. Ningrum, “Identifikasi Infrastruktur yang Berperan sebagai Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat di Kampung Tridi Kota Malang,†… Ind. Lingkung. dan Infrastruktur), vol. 1, no. September, 2018.

B. Nur, N. D. N. Wulan, and M. Fadil, “Efektivitas Program RTTIC dan ATCS untuk Mengatasi Kemacetan di Kota Malang (Studi Kasus: Dishub Kota Malang),†Tantangan Penyelenggaraan Pemerintah. di Era Revolusi Ind. 4.0, 2020.

Humas, “Kemacetan di Kota Malang,†UMM berita online, 2023.

A. S. Indrian, N. Sebayang, and M. Erfan, “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Metode Pkji 2014 Dan Software Vissim 11 Pada Simpang W.R.Supratman Kota Malang,†Student J. Gelagar, vol. 4, no. 2, 2022.

A. Y. Guntara, M. J. Alkas, and B. Haryanto, “Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Mal Lembuswana Kota Samarinda Menggunakan MKJI 1997 dan Pemodelan Simpang Pada Program PTV Vissim,†Kurva S J. Keilmuan dan Apl. Tek. Sipil, vol. 10, no. 2, 2022, doi: 10.31293/teknikd.v10i2.6842.

A. I. Saudi, “Optimalisasi Kinerja Simpang Bersinyal Kawasan Pertokoan Majene,†BANDAR J. Civ. Eng., vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.31605/bjce.v2i2.769.

M. K. J. I. (MKJI) 1997, “MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIAN (MKJI) 1997,†departemen pekerjaan umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia.†1997.

T. Triantoni, S. W. Mudjanarko, M. I. Setiawan, and R. Bahaswan, “ANALISIS LALU LINTAS DI RUAS JALAN WONOKUSUMO KOTA SURABAYA,†E-Jurnal SPIRIT PRO PATRIA, vol. 6, no. 1, 2020, doi: 10.29138/spirit.v6i1.1107.

A. S. Amal, C. Saleh, and A. A. Darmawan, “Evaluasi Kinerja Simpang Empat Bersinyal di Kota Malang,†J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 22, no. 2, 2022, doi: 10.33087/jiubj.v22i2.2006.

D. W. Hidayat, Y. Oktopianto, and A. Budi Sulistyo, “Peningkatan Kinerja Simpang Tiga Bersinyal (Studi Kasus Simpang Tiga Purin Kendal),†J. Keselam. Transp. Jalan (Indonesian J. Road Safety), vol. 7, no. 2, 2020, doi: 10.46447/ktj.v7i2.289.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>