PENGARUH PERUBAHAN TEKANAN ALIRAN BAHAN BAKAR TERHADAP KARAKTERISTIK NYALA API PADA PEMBAKARAN DIFUSI

Authors

  • Ata Mukhammad Adil Program Studi S1 Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Gatot Soebiyakto Program Studi S1 Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Akhmad Farid Program Studi S1 Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang

Abstract

Perkembangan teknologi pada bidang automotive sangatlah pesat, salah satunya yang berfokus pada sistem pembakaran kendaraan. Sistem pembakaran merupakan hasil reaksi kimia antara bahan bakar, udara, dan sumber api yang berlangsung secara cepat dan menghasilkan suatu energi berupa panas dan cahaya. Disilain terdapat komponen nozzle berfungsi untuk mengontrol laju aliran, kecepatan, arah, fasa, dan tekanan pada bahan bakar. yang dapat mempengaruhi karakteristik nyala api  pada sistem berupa warna, panas, cahaya, temperature, panjang, dan tinggi profil api, terhadap nilai tekanan bahan bakar yang bervariasi pada nozzle. sehingga pada penelitian ini berfokus untuk menganalisis karakteristik api yang di hasilkan dari proses pembakaran difusi menggunakan bahan bakar pertalite (RON 90), pertamax (RON 92), pertamax turbo RON (95). Selama 60 second, dengan variasi tekanan bahan bakar 30 psi, 40 psi, dan 50 psi, pada trainer sistem injeksi bahan bakar kendaraan. Dari hasil riset yang telah dilakukan menyatakan bahwa pertamax turbo (RON 95) menghasilkan profil api paling panjang sebesar 85,715 cm pada tekanan 30 psi.

References

D. Suanggana, Y. Parsaulian, L. Silalahi, A. Djafar, S. Sa, and K. D. Radyantho, “G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan,” vol. 7, no. 2, pp. 1005–1012, 2023.

M. Firmansyah, I. Qiram, and G. Rubiono. "Pengaruh Variasi Kekasaran Lubang Nozzle Dengan Campuran Bahan Bakar Pertalite dan Spiritus Terhadap Karakteristik Nyala Api." V-MAC (Virtual of Mechanical Engineering Article) 6, no. 2 pp. 57-60,2021.

A. Syarief, Y. B. Setiambodo, and M. N. Ramadhan, “MENGOPTIMALKAN PROSES PEMBAKARAN BOILER PT . PLN ( PERSERO ) SEKTOR PEMBANGKITAN ASAM ASAM,” vol. 21, no. 1, pp. 85–102, 2020.

P. C. Bahan, T. K. Api, H. P. Spray, D. Pada, and C. Jet, “V12 n2,” no. August, pp. 459–466, 2021.

A. Y. Tobe, D. B. N. Riwu, J. C. A. Pah, and K. G. H. Liba, “Pengaruh Penambahan Solar Murni terhadap Karakteristik Pembakaran Difusi Uap Minyak Kelapa,” vol. 07, no. 02, pp. 45–49, 2020.

D. Purnama, A. Arif, E. Alwi, and T. Sugiarto, “MSI Transaction on Education Analisis Penggunaan Bahan Bakar Campuran Pertalite dengan Bioetanol dari Tebu Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Injeksi MSI Transaction on Education,” vol. 4, no. 3, pp. 123–134, 2023.

D. Afrikhudin, S. Sumarli, and E. K. Mindarta, “Pengaruh Perbedaan Tekanan Bahan Bakar Terhadap Daya Dan Efisiensi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Automatic 110 Cc Fuel Injection,” J. Tek. Otomotif Kaji. Keilmuan dan Pengajaran, vol. 5, no. 2, p. 19, 2021, doi: 10.17977/um074v5i22021p19-24.

F. Fairuddin, H. Riupassa, and H.Y. Nanlohy. "Karakteristik Pembakaran Difusi Campuran Bahan Bakar Minyak Kelapa Murni Dengan Bioaditif Minyak Cengkeh." Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi 7, no. 1, 2024.

A. Aryadi, “KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI TEKANAN ELECTRIC FUEL PUMP TERHADAP DAYA , TORSI MESIN , EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR INJEKSI,” vol. 10, no. 3, pp. 55–60.

A. Ainurrofiq, I. Qiram, P. T. Mesin, and F. Teknik, “Studi karakteristik fisik dan nyala api briket daun bambu,” vol. 1, no. 2, pp. 89–94, 2021.

A.A. Arifin, W. Kuntang. "Pengaruh Kenaikan Tekanan Fuel Pump Terhadap Performa Sepeda Motor Honda Beat Fi 110cc." AutoMech: Jurnal Teknik Mesin 4, no. 01, 2024

S. Bakhri, D. Wahyudi, and A. Muhammad, “Uji karakteristik nyala api pembakaran premix bioetanol dari ampas tebu,” Turbo J. Progr. Stud. Tek. Mesin, vol. 10, no. 2, pp. 209–215, 2021, doi: 10.24127/trb.v10i2.1694.

Downloads

Published

2025-02-20

Issue

Section

Articles